Cetak
Dilihat: 2047

Margorejo – Puluhan kaum perempuan termarjinalkan yang menghuni di komplek lokalisasi Lorok Indah, Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo mengikuti lomba menghafal teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kegiatan oleh Komunitas Gusdurian Pati tersebut, mendapat apresiasi positif dari Koramil 12/Margorejo.  

Selain memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke 72, Komunitas Gusdurian Pati juga berharap lomba menghafal teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya juga sebagai upaya menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Sehingga perempuan termarjinalkan di lokalisasi prostitusi tersebut memiliki rasa menjadi bagian dari bangsa Indonesia.
“Lomba menghafal Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kita laksanakan pada anak bangsa. Karena kaum marginal pun adalah bangsa Indonesia. Tentunya kita ajak untuk berbuat cinta tanah air dan mencintai bangsanya.  Pekerja ini ada 200 anak yang kita bina untuk bisa keluar dari tempat prostitusi ini. Tujuan dari Gusdurian hanya itu,” demikian Ketua Umum Gusdurian Pati, Eddy Siswanto, saat menyaksikan lomba menghafal teks Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, di lokalisasi Lorok Indah, Senin (14/8).
Ketua Umum Gusdurian Pati, Eddy Siswanto berharap,  lomba  memperingati Hari Kemerdekaan RI itu, agar NKRI semakin kokoh.  
Danramil 12/Margorejo Kapt. Inf. Sriyanto mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan Gusdurian dalam upaya membangkitkan kembali pemahaman nilai-nilai Pancasila, dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kepada anak-anak bangsa. Tanpa terkecuali, mereka yang sekarang masih tersandung kehidupan hitam, harus tetap memiliki rasa sebagai anak bangsa.
“Dengan harapan mengucapkan Pancasila ini bisa mendasari kehidupan masing-masing orang di masyarakat.  Yaitu kita cinta sesama masyarakat, cinta sesama, cinta kepada hal-hal yang baik. Sehingga kita dalam kehidupan dimasyarakat bisa damai tentram dan bahagia. Tentunya dalam hal ini, kebahagiaan untuk mendasari tingkat jiwa nasionalisme dan jiwa nasionalisme, diawali dari rasa persatuan dan kesatuan dari perorangan yang meningkat kepada kelompok sehingga kita akan terjalin persatuan dan kesatuan,”  terangnya.
Kegiatan tersebut, juga mendapat apresiasi Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Paryanto, yang menunggui pelaksanaan lomba menghafal teks Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya hingga selesai. Dia juga berharap, tahun depan lomba membangkitkan semangat nasionalisme tetap dilaksanakan.(•)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s