Calon Jamaah Haji Diimbau Waspadai Penipuan Berkedok Pelunasan BPIH

Pati, Kota – Calon jamaah haji (CJH) diimbau waspada terhadap penipuan berkedok untuk segera melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (ONH). Pelaku biasanya mengirimkan surat dan menghubungi korban, agar segera melakukan pelunasan BPIH, agar mereka bisa segera berangkat haji.
Calon jamaah haji khusus (suami istri) asal Kabupaten Pati nyaris menjadi korban penipuan. Pelaku sengaja memilih calon korbannya, mereka yang menjadi calon jamaah haji melalui program haji khusus. Untungnya, calon jamaah haji bersangkutan urung mengirim uang pelunasan BPIH, setelah berkoordinasi dengan petugas Kementerian Agama RI Kabupaten Pati.

Kasi Urusan Haji dan Umroh Kemenag RI Kabupaten Pati Abdul Hamid mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji (CJH) yang sudah mendaftar di Kemenag untuk waspada dan selalu berkoordinasi, agar tidak menjadi korban penipuan. “Jika mendapatkan informasi terkait dengan proses pembayaran BPIH, kalau itu tidak yakin itu mohon ke Kementerian Agama, dari pada nanti menjadi penipuan. Jadi intinya masyarakat waspada jangan tergiur dengan iming-iming bisa berangkat awal,” ujarnya.
Abdul Hamid menambahkan, suami istri yang mendaftar program haji khusus itu sebelumnya mendapat surat resmi dari biro travel. Isi surat tersebut, meminta kepada suami istri CJH program haji khusus itu untuk melakukan pelunasan BPIH pada 2019, sementara mereka berdua terdaftar sebagai CJH 2020. “ Padahal sampai sekarang belum ada informasi pelunasan BPIH. Untungnya mereka laporan ke kita (Kemenag). Kemudian kita kasih tahu mereka ‘Jangan dilakukan pelunasan’, dipanggil untuk melakukan pelunasan di 2019, padahal aslinya menurut data kami itu tercatat di 2020,” jelasnya.
Kasi Urusan Haji dan Umroh Kemenag RI Kabupaten Pati Abdul Hamid mengatakan, dalam surat yang dikirimnya itu, pelaku penipuan yang diduga hendak dilakukan oleh biro travel tersebut meminta kedua CJH asal Kabupaten Pati agar segera melunasi BPIH melalui transfer melalui bank senilai $5000,-.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla