KPU dan Polres Pati Teken Kerjasama Pengamanan Pemilu Serentak 2019

Pati, Kota – Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjalin kerjasama dengan Kepolisian Resort (Polrres) Pati. Penandatanganan kerjasama antara lembaga penyelenggara pemilu dan pihak keamanan tersebut, berlangsung di aula Mantap Brata Polres Pati, Sabtu (2/2/2019).
Pembubuhan tanda tangan oleh Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto SIK dan Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan ST menandai kesepakatan kerjasama pengamanan seluruh tahapan pemilu serentak, khususnya di wilayah kabupaten Pati.

Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan ST mengatakan, penandatangan kerjasama tersebut menindaklanjuti nota kesepahaman yang dibuat Polda dan KPU Provinsi Jawa Tengah. “Dalam hal ini KPU Kabupaten Pati menindaklanjutinya dengan MoU (perjanjian kerjasama). Dimana intinya pada proses pengamanan nanti, setiap tahapan pemilu nanti akan ada keterlibatan pengamanan dari Polres Pati. Termasuk nanti yang paling dekat dengan pengamanan distribusi logistik dari KPU ke PPK sampai TPS, hingga proses kembalinya logistik itu ke KPU,” tutur Ketua KPU Kabupaten Pati.
Selain itu, kata Imbang Setyawan, pihaknya juga bekerjasama secara sinergi bersama Polres Pati saat berlangsung pemilihan di TPS yang jujur dan adil.
Usai penandatanganan MoU tersebut, KPU menyosialisasikan tentang kepemiluan kepada seluruh anggota Bhayangkari Polres Pati. “Yang pertama terkait tahapan pemilu, kemudian menyampaikan methode menggunakan hak pilih ketika tidak bisa menggunakan di tempat asal. Artinya ada fasilitasi dari KPU untuk formulir model A5 (pindah memilih). Dimana didalamnya tertuang alasan pindah domisili atau tugas ke luar daerah,” katanya.
Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan berharap, sosialisasi kepemiluan kepada Bhayangkari Polres Pati dapat menjadi model percontohan bagi KPU-KPU kabupaten/kota lain, dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak mendatang.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla