KPU–LKP2A Gelar Sekolah Politik Strategi Perempuan di Pemilu 2019

Pati, Margorejo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Lembaga Kajian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LKP2A) Pati menggelar sekolah pendidikan politik dan demokrasi pemilu 2019. Kegiatan berthema “Strategi Politik Perempuan Menjadi Dewan” berlangsung di aula STAI Pati, Senin pagi (4/1/2019).
Sekolah pendidikan politik dan demokrasi pemilu tersebut, melibatkan sejumlah pengurus parpol, aktivis perempuan dan mahasiswa STAI Pati.

Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan mengatakan, sekolah pendidikan politik tersebut untuk meningkatkan peran dan strategi perempuan menuju kontestasi pemilu 2019. “Kita melihat potensi perempuan untuk terlibat sangat besar sekali sehingga perlu ada pembekalan, sekolah, ataupun istilahnya kajian dan proses diskusi yang dalam hal ini bisa meningkatkan peran dan strategi perempuan menuju kontestasi politik 2019. Sehingga hasilnya nanti tentu akan meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas caleg perempuan mulai dari DPRD kabupaten maupun DPR RI,” katanya.
Imbang Setyawan mengatakan, dengan adanya UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, memberikan kesempatan bagi perempuan untuk terlibat langsung dalam proses politik Pemilu 2019. “Sebagaimana tadi semisal untuk pengurus di tingkat DPC, DPD maupun tingkat DPP parpol diwajibkan ada tiga puluh persen keterwakilan perempuan. Bahkan dalam pencalonan itu tidak diperbolehkan perempuan ditempatkan dipaling bawah. Ada sebuah method dimana nomor urut, misalkan 1 sampai 3 salah satunya ada caleg perempuan, demikian pula selanjutnya dengan 4 sampai 6 itu wajib ada perempuannya,” ujar Imbang Setyawan.
Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan menjelaskan, selain UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dalam penyelenggaraan itu juga dilakukan bedah buku berjudul ‘Strategi Politik Calon Legislatif Perempuan Untuk Menuju Pemilu 2019 yang diterbitkan LKP2A’. Pembicara dalam kegiatan tersebut Ahmad Jukari anggota KPU Kabupaten Pati (periode 2009 – 2013 dan 2013-2018), serta Ketua LKP2A yang juga anggota KPU Kabupaten Pati (periode 2009-2013 dan 2013-2018).(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla