Puluhan APK Salahi Pemasangan Dicopot

Pati, Margorejo – Sejumlah petugas Panwascam Margorejo bersama PPD Sukoharjo menurunkan (mencopot) Alat Peraga Kampanye (APK) dari pepohonan di pinggir jalan Perumahan Sukoharjo. Pencopotan itu, karena pemasangan APK tersebut melanggar ketentuan, baik SE Bupati maupun Peraturan KPU.
Pemasangan alat peraga kampanye (APK) baik parpol maupun caleg, harus memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan oleh penyelenggara pemilu. Terutama SE Bupati Pati dan Peraturan KPU terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK). Bilamana melanggar ketentuan itu, penyelenggara pemilu (Bawaslu) beserta jajaran dibawahnya, akan menurunkan atau mencopot APK-APK tersebut. Seperti halnya yang dilakukan di jalan menuju ke Perumahan Sukoharjo.

Ketua Panwascam Margorejo Badruddin mengatakan, pencopotan tersebut dilakukan karena pemasangan APK-APK tersebut melanggar ketentuan yang dipersyaratkan. Sehingga, pihaknya bersama Petugas Pengawas Desa (PPD) menertibkan APK-APK itu. “Untuk yang penertiban APK berdasarkan instruksi Bawaslu Kabupaten Pati Nomor 05/Bawaslu-Prov.JT-17/PM.00.01/II/2019, tertanggal 4 Februari 2019 terkait penertiban APK dan bahan dan atribut kampanye Pemilu 2019 tahap III. Kemudian UU Nomor 7 tahun 2017, PKPU 2018, Perbawaslu Nomor 28 tahun 2018, serta Keputusan KPU RI Nomor 096/PL/01.5.KPT/06/KPU/IX/2018,” tuturnya.
Badruddin menambahkan, penertiban dengan tindakan pencopotan tersebut, karena menyalahi aturan pemasangan APK yang telah ditentukan. Seperti tidak memasang alat peraga kampanye (APK) dengan memaku dipohon-pohon penghijauan. “Adapun yang terlibat itu Panwascam Margorejo dan PPD (PPL) desa se Kecamatan Margorejo serta melibatkan aparat Koramil, Polsek, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta Satpol PP,” jelasnya.
Ketua Panwascam Kecamatan Margorejo Badrudin mengatakan, selain di jalan raya Pati - Kudus, penertiban APK, bahan dan atribut kampanye juga dilakukan di sepanjang jalan raya Pati - Gembong dan jalan raya Pati - Tlogowungu.  Semasa kampanye ini, peserta pemilu baik parpol maupun para caleg untuk lebih mematuhi ketentuan yang mengatur pemasangan alat peraga kampanye (APK), sesuai dengan tempat yang diperuntukan.(᎐)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla