Jelang UN, Pelajar MTS Dan MA Madarijul Huda Kembang Jalani Hypno

Pati, Kota – Ratusan pelajar Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Madarijul Huda Kembang, kini mulai menyiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional (UN). Mereka pun mengikuti motivasi dengan methode hypno therapy.
165 pelajar kelas IX MTS dan 106 pelajar kelas XII MA di bawah Yayasan Madarijul Huda Kembang, mengikuti hypno therapy motivasi, Senin (11/2/2019). Kegiatan itu merupakan serangkaian bagi mereka menyiapkan dan memantapkan mentanl mereka menjelang UN, yang hanya tinggal beberapa pekan lagi.

Wakil Kepala Kurikulum MTs Madarijul Huda Kembang, Saiful Umam mengatakan, pembekalan dengan methode hypno therapy motivasi merupakan yang keempat pada tahun ini. Dan pihak madrasah memang sengaja mendatangkan motivator ke sekolah dalam rangka mempersiapkan kelulusan siswa. “Karena pihak sekolah menganggap, siswa lulus tidak hanya dibekali kecerdasan ilmu pengetahuan saja. Tetapi juga harus dibarengi bekali kecerdasan spiritual. Meskipun tahun ajaran sekarang kelulusan siswa tidak ditentukan lagi oleh nilai UN, tapi dari akumulasi nilai-nilai ujian sekolah dan UN. Namun, sekolah terutama para siswa tetap mempersiapkan diri dengan maksimal baik secara materi pelajaran maupun mentalitas mereka menghadapi ujian akhir,” jelasnya.
Secara akademik pelajar MTS dan MA Madarijul Huda siap menghadapi UN nanti, tapi secara mentalitas tidak bisa memastikan. Karena tidak ada ukuran pasti kondisi mentalitas seseorang. Dan sejauh ini dengan metode hypnotherapi ini cukup membantu siswa dengan angka kelulusan 100 persen.
Motivator hypnolusionis Roni de Laserna menyatakan, mentalitas seorang siswa dapat mempengaruhi hasil UN siswa tersebut. Kondisi psikis saat ujian seperti tegang, grogi, takut sama pengawas ujian, cemas nilainya jelek akan menghilangkan fokus konsentrasi pada saat mengerjakan soal ujian. Sehingga siswa akan susah untuk menjawab soal tersebut. Padahal materi pelajaran sudah mereka kuasai yang pada akhirnya mereka mendapatkan nilai yang kecil. Saat kondisi psikis siswa tidak stabil diakibatkan emosi negatif maka memori otak siswa tertutup. Sehingga mereka tidak bisa menjawab soal ujian.
"Motivasi diberikan langsung kepada pikiran bawah sadar siswa yang memiliki potensi lebih besar 88 persen dari pikiran sadar. Sehingga apa yang disampaikan akan terserap dan terpatri dalam memori dengan sangat kuat. Pikiran bawah sadar menyimpan memori dan potensi yang luar biasa yang jarang diakses oleh kita, melalui rangsangan motivasi pikiran bawah sadar potensi tersebut akan tergali dengan luar biasa,” katanya.
Untuk mengatasi permasalahan menjelang UN, kata Motivator hypnolusionis Roni de Laserna, para siswa harus siap baik secara materi akademik maupun mentalitas diperlukan sebuah rangsangan motivasi untuk menghilangkan emosi negatif. Dan diberikan rasa kenyamanan, ketenangan, keyakinan, kepercayaan diri dan dapat fokus konsentrasi sehingga para siswa akan melalui UN dengan hasil yang memuaskan.(∙)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla