Perakitan Kotak Suara di KPU Pati Libatkan 25 Pekerja

Pati, Kota – Puluhan ribu kotak suara untuk Pemilu Serentak 2019, mulai dilakukan perakitan. Dalam perakitan itu, KPU Kabupaten Pati melibatkan puluhan pekerja dengan sistem borong.
Ada dua puluh lima orang dilibatkan KPU Kabupaten Pati untuk merakit 22.076 kotak suara untuk keperluan Pemilu Serentak, 17 April 2019 mendatang. Dengan pekerja yang ada, KPU menargetkan perakitan tersebut selesai dalam waktu 12 hari kedepan.

Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Haryono mengatakan, untuk memenuhi target tersebut, dalam perakitan itu KPU menerapkan sistem kerja borongan delapan ratus rupiah per kotak suara. “KPU Kabupaten Pati juga melibatkan tenaga perakitan kotak suara dua puluh lima pekerja borongan dari masyarakat sekitar termasuk penyandang difabel,” ujarnya.
Haryono optimis, perakitan kotak suara tersebut dapat tepat waktu yang direncanakan. Dengan asumsi perhitungan setiap pekerja dapat merakit seratus hingga seratus dua puluh kotak suara per harinya. “Simulasi yg dilakukan oleh KPU Kabupaten Pati setiap kotak suara dibutuhkan waktu sekitar 3 s.d 4 menit untuk merakitnya, selama 7 jam kerja dalam satu hari (08.00 s.d 16.00 WIB) diperkirakan setiap pekerja mampu merakit 100 s.d 120 kotak suara,” jelas Haryono.
Selama perakitan berlangsung, KPU belum menemukan kotak suara yang kondisinya rusak. Namun, bila dalam perjalanan waktu nantinya ada kotak suara yang rusak, akan segera dilaporkan ke KPU Jawa Tengah untuk dimintakan gantinya. Sejumlah anggota Polres dan Bawaslu Pati melakukan penjagaan di gudang KPU tempat penyimpanan kotak suara di Dukuh Karangdowo Desa Kutoharjo Kecamatan Pati.(᎐)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla