Cetak
Dilihat: 545

Pati, Kota – Polres Pati membekuk tersangka pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor, yang sering beraksi di wilayah Pati kawasan selatan. Selain pelaku, polisi juga menangkap dua tersangka pelaku penadahan dan barang bukti hasil curian berupa tiga puluh lima unit sepeda motor. Sedang seorang tersangka lainnya masih buron.
Tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang berhasil ditangkap tersebut berinisial Ahmad Nur Cahyo berusia 28 tahun warga Desa Cengkalsewu Kecamatan Sukolilo. Tak lama berselang polisi juga menangkap pelaku penadahnya bernama Sugiyono, berusia 30 tahun dan Sudarmanto, berusia 32 tahun yang juga warga desa setempat.

Saat gelar perkara kasus tersebut, Selasa (12/2/2019), Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Yusi Andi Sukmana dan Kasubbag Humas IPTU Agung Suharyono mengatakan, tersangka merupakan pelaku spesialis curanmor yang diparkir pemiliknya di pinggir persawahan. Tersangka curanmor dalam aksinya merusak kontak motor menggunakan kunci leter T. Untuk kunci leter T itu dibawa tersangka yang kini masih buron. “Saat ini kita gelar atau pengungkapan kasus curanmor. Adapun tersangka yang kita tangkap sudah ada tiga orang. Seorang tersangka merupakan pelaku utama, dan dua tersangka lagi adalah penadah dari pada hasil curian. Sedangkan untuk sepeda motor curian yang kita amankan ada tiga puluh lima unit,” katanya.
Kapolres Pati mengatakan, para tersangka yang berhasil ditangkap tersebut merupakan tersangka pelaku spesialis curanmor dari masyarakat yang memarkir sepeda motor di tepi-tepi sawah. Tersangka pelaku utamanya lebih banyak beroperasi di wilayah Kecamatan Sukolilo, Tambakromo, dan Kecamatan Gabus. Dari pengakuan tersangka utama Ahmad Nur Cahyo, sepeda-sepeda motor hasil curiannya dijual kepada penadah. 28 unit kepada tersangka Sudarmanto, dan 7 unit kepada tersangka Sugiyono “Kemudian kita masih melakukan penelusuran terhadap tiga titik ini dan masih dalam pantauan kita. Ada satu tersangka lagi yang masih DPO (daftar pencarian orang), yang saat ini kita buru dengan inisial MA,” kata AKPB Jon Wesley Arianto SIK.
Pengungkapan kasus ini, setelah polisi menangkap pelaku utama Ahmad Nur Cahyo, usai melakukan pencurian kendaraan di Desa Bogotanjung Kecamatan Gabus, pada Kamis (31/1/2019). Dari pengembangan keterangan tersangka Ahmad Nur Cahyo, tutur Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto SIK, kemudian petugasnya menangkap kedua tersangka penadahan barang curian, Sudarmanto dan Sugiyono.
Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto SIK mengatakan, penyidiknya bakal menjerat tersangka Ahmad Nur Cahyo dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara dan pasal 480 KUHP tentang penadahan bagi tersangka Sudarmanto dan Sugiyono dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun penjara.(᎐)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s