1,055 Juta Surat Suara Pilpres Masuk Gudang KPU Pati

Pati, Kota – KPU Kabupaten Pati menerima distribusi surat suara untuk pemilihan presiden, yang dikirim pihak percetakan menggunakan truk boks PT Pos Indonesia. Setelah diturunkan dari truk, jutaan surat suara yang terbungkus dalam ratusan boks itu selanjutnya disimpan di gudang KPU.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati telah menerima surat suara sejumlah 1.055.487 lembar, pada Kamis (14/2/2019). PT Peruri sebagai pihak rekanan telah mengirimkan surat-surat suara itu ke KPU Pati, menggunakan jasa angkutan pengiriman PT. Pos Indonesia sebanyak satu truk boks.

Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan mengatakan, surat-surat suara untuk keperluan pemilu presiden itu terkemas di dalam 528 boks, bersamaan dengan logistik kabel tis pengganti gembok. “Kita sudah cek bersama tadi terkait logistik dari truk yang mengirimkan bersamaan kabel tis. Kemudian terkait dengan keamanannya sebelum kita buka kita cek bersama Bawaslu, dan pihak kepolisian. Setelah memastikan dalam kondisi baik, kemudian truk kita buka dan turunkan semua surat suara yang ada dalam ratusan boks,” tutur Ketua KPU Pati.
Imbang Setyawan mengatakan, belum menurunkan dan memindahkan boks-boks berisi surat suara dan kabel tis, KPU terlebih dulu memeriksa jumlah dan kondisi barang-barang yang ada di dalam truk bersama Bawaslu, dan sejumlah aparat kepolisian. KPU kemudian memindah dan menyimpan logistik surat suara dan kabel tis itu di gudang.
“Untuk rencana tindak lanjut, kita masih menunggu karena surat suara yang datang baru untuk pilpres, sedang empat lainnya surat suara untuk DPRD kabupaten/provinsi, DPD RI dan DPR RI yang direncanakan berdasarkan estimasi dari percetakan akan dikirim pada 23 Februari 2019. Tentunya nanti kalau sudah lengkap akan kita tindak lanjuti dengan proses sortir dan lipat terkait persiapan pemungutan dan penghitungan surat suara di TPS 17 April 2019,” katanya.
Soal pengamanan logistik pemilu terkhusus surat suara, kata Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan, pihaknya telah menyiagakan petugas keamanan internal yang terbagi dalam tiga shift, serta melibatkan petugas kepolisian Polres Pati. KPU Pati juga memasang sejumlah kamera pemantau tersembunyi (CCTV), untuk proses pengawasan dan keamanan surat suara di gudang KPU Kabupaten Pati.(᎐)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla