KPU Bareng Relasi Gencarkan Sosialisasi Jelang Coblosan

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati bersama Relawan Demokrasi (Relasi) bentukannya, kini semakin gencar menyosialisasi pemilu. Ini dilakukan, agar warga yang telah memiliki hak pilihnya menggunakan hak konstitusinya untuk mencoblos saat pemilu mendatang di tempat-tempat pemungutan suara (TPS).
Lima puluh lima orang anggota Relawan Demokrasi (Relasi) dengan latar belakang berbeda-beda, mulai menggencarkan sosialisasi kepemiluan kepada basis komunitas masing-masing.

Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Haryono MSi mengatakan, memang tujuan pembentukan Relawan Demokrasi (Relasi) untuk menjangkau tempat-tempat yang belum bisa tersentuh oleh KPU. “Itu ada 55 orang yang itu mewakili sebelas basis. Jadi ada basis disabilitas, marginal, perempuan, keluarga, agama, pemuda, pemula dan salah satunya ada basis netizen yang akan bersosialisasi di dunia maya. Dari masing-masing basis ini ada lima orang, di mana mereka bekerja baik secara kelompok maupun individual untuk membantu KPU Pati menyosialisasikan terkait dengan seluk beluk pemilu 2019,” ujarnya.
Gencarnya sosialisasi itu, kata Haryono MSi, karena pemilu sebelumnya dengan pemilu yang akan datang banyak perbedaannya. Sehingga untuk memahamkan masyarakat pemilih, KPU harus menggencarkan sosialisasi terkait pemilu serentak 2019, terutama macam-macam surat suara yang digunakan. “Karena, dengan lima surat suara yang cukup lebar ini kan waktu yang digunakan untuk pencoblosan itu kan juga lebih lama dibandingkan dengan pemilu yang sebelumnya. Sehingga kami tekanan ini, untuk diketahui masyarakat,” katanya.
Relasi Demokrasi (Relasi) bentukan KPU Kabupaten Pati tersebut diantaranya untuk basis pemilih disabilitas, pemilih perempuan, pemilih pemula, pemilih keluarga, pemilih keagamaan, pemilih marginal, pemilih muda, pemilih warga internet, pemilih berkebutuhan khusus, dan relasi berbasis pemilih lainnya.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla