Relawan Demokrasi Harap PKK Dorong Disabilitas Ikut Pemilu

Pati, Tlogowungu – Relawan Demokrasi (Relasi) sebagai kepanjangan tangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap anggota Tim Penggerak PKK mendorong warga disabilitas di lingkungannya untuk menggunakan hak pilihnya saat pemilu mendatang. Pasalnya penyandang disabilitas memiliki hak politik yang sama dengan warga yang lainnya.
Para penyandang disabilitas dan keluarganya harus mulai membuka diri, untuk ikut berpartisipasi pada Pemilu Serentak, Rabu (17/4/2019) mendatang. Untuk Relawan Demokrasi (Relasi) dari basis disabilitas, mendorong penyandang disabilitas dan keluarganya agar menggunakan hak pilihnya untuk menentukan presiden dan wakil presiden serta wakil-wakil rakyatnya.

“Kenapa penyandang disabilitas kita perhatikan lebih dalam pemilu ini. Mungkin pada pemilu-pemilu sebelumnya banyak TPS-TPS yang belum akses bagi penyandang disabilitas. Sehingga saya tetap memberikan informasi kepada ibu-ibu PKK agar menyampaikan kepada saudara atau teman-temannya bila ada saudaranya yang disabilitas agar didorong untuk menggunakan hak pilihnya,” demikian Relawan Demokrasi Basis Disabilitas, Suratno, usai memberikan sosialisasi pemilu kepada seratusan anggota PKK di Pendopo Kecamatan Tlogowungu, Kamis (28/2/2019).
Suratno mengatakan, bila tidak ada kepedulian dari masyarakat seperti ibu-ibu PKK yang tersebar hingga ke desa-desa, selamanya hak-hak konstitusi penyandang disabilitas tak akan tersalurkan. “Sehingga melalui sosialisasi itu, penyandang disabilitas bias menggunakan hak pilihnya, dan KPU bias melihat kekurangan-kekurangan di
TPS yang masih dibutuhkan para penyandang disabilitas,” ujarnya.
Relawan Demokrasi yang juga Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati Suratno berharap, melalui penyampaian informasi-informasi itu partisipasi penyandang disabilitas di Kabupaten Pati pada pemilu serentak mendatang, meningkat.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla