Puskesmas Wedarijaksa Canangkan PSN Serentak

Pati, Wedarijaksa – Kasus demam berdarah dengue (DBD) yang banyak berjangkit di wilayah Kabuapten Pati, butuh perhatian dan upaya nyata dari semua pihak. Di wilayah Kecamatan Wedarijaksa dalam penanggulangan kasus DBD ini, menggencarkan kembali gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) kepada masyarakatnya.
Dalam upaya penanggulangan berjangkitnya penyakit demam berdarah (DBD), Puskesmas Wedarijaksa I mencanangkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di desa-desa yang menjadi jangkauan kerjanya, yang dipusatkan di Desa Tawangharjo, Jumat pagi (1/3/2019).

Saat pemantauan jentik di Desa Margorejo Kecamatan Wedarijaksa, Kepala Puskesmas Wedarijaksa I drg Ardiani Sucahyati MM kepada radio PAS Pati menjelaskan, pencanangan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang melibatkan lintas sektor melalui program Siaga Masyarakat Waspada Aedes Aegepty (Sikat Wae) menindaklanjuti perintah Bupati Pati. “Kasus demam berdarah di Kecamatan Wedarijaksa banyak, sampai saat ada 24 kasus, atau terjadi peningkatan kasus disbanding 2018 lalu. Jadi dengan menggencarkan program ‘Sikat Wae’ ini diharapkan bisa menurun kasusnya. Di masing-masing desa sekarang ini sudah ada penderita demam berdarahnya,” ujarnya.
Sasaran dari gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) ini, kata drg Ardiani Sucahyati MM, semua permukiman warga baik di dalam maupun di sekitar lingkungan rumah, dan sekolah-sekolah yang menjadi tempat berkumpulnya anak-anak. “Terutama kita harus melihat tempat jentik (penampungan/baik airn). Kemudian kaleng-kaleng terbuka yang terisi air harus kita buang, atau kita kubur (ditimbun). Kalau yang didalam mesti kita menggunakan baterai untuk melihat ada tidaknya jentik juga kita masukkan abate kepada warga dan sekolahan,” tuturnya.
Kepala Puskesmas Wedarijaksa I drg Ardiani Sucahyati MM mengatakan, pihaknya melibatkan kecamatan, polsek, koramil, karang taruna, pemdes, komite kesehatan, dan saka bakthi husada, dalam upayanya menurunkan kasus demam berdarah tersebut.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla