LSM Harus Bisa Pertanggungjawabkan Peran Pengawasannya

Pati, Kota – Lembaga Suadaya Masyarakat (LSM) sebagai lembaga pengawasan, harus dapat mempertangungjawab perannya. Selain itu, mereka harus professional dalam menjalankan tugasnya.
Dalam menjalankan tugas pengawasannya, LSM harus benar-benar professional. Pasalnya, Pemerintah melalui dinas terkaitnya juga akan mengawasi kinerja LSM baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Diskebangpol) Kabupaten Pati Susanto, di sela-sela Silahturahmi LSM se Kabupaten Pati di aula Diskebangpol Sabtu (2/3/2019) berharap, lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang terdaftar dan tercatat di dinasnya, lebih professional dan mampu mempertanggungjawabkan peran pengawasannya. “Kaitannya dengan pembinaan kepada LSM, kita sama-sama orang Pati sehingga mereka agar mengedepankan profesionalitasnya sesuai dengan kegiatannya yang seimbang. Biar Pati itu kondusif. Karena harapan kita ini di tahun politik ini Pati kondusif dan tidak ada permasalahan. Beda pilihan itu silahkan, tapi keutuhan NKRI harus dijaga,” ujarnya.
Susanto meminta LSM-LSM agar bersinergi dengan pemerintah daerah, serta mendukung pembangunan di Pati, dan menjadikan sebagai daerah ramah investasi. Meski harus tetap melakukan pengawasan dengan memberikan masukan terhadap proses pembangunan yang kurang baik. “Karena ini baru semangat-semangatnya Pemkab Pati menata daerahnya, mengundang investor agar bisa terlaksana dan terwujud, LSM juga harus bisa memahami. Sehingga jangan sampai, dalam melaksanakan pengawasan justru malah menjelek-jelekan Kota Pati. Bagaimana kalau dijelek-jelekan orang luar tahunya Pati jelek. Tapi, mestinya dalam sosialiasi itu memberikan suatu pandangan yang seimbang. Yang baik diramaikan, yang jelek dikatakan jelek. Sebaiknya jangan disampaikan kemana-mana dulu sebelum diklarifikasi kepada Kepala OPD,” katanya.
Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Diskesbangpol) Kabupaten Pati Susanto menegaskan, LSM di Kabupaten Pati kinerja pengawasannya jelas, agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla