Deklarasikan Birokrasi Bersih Melayani, Pemberian Hak Narapidana Tanpa Pungli

Pati, Kota – Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), berupaya memberikan pelayanan terhadap hak-hak narapidana tanpa pungutan liar (pungli). Kementerian Hukum dan HAM mewujudkan keseriusannya itu dengan mendeklarasikan pelayanan publik dan pencanangan Pembangunan Zona Integritas UPT Pemasyarakatan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun ini.

Pemerintah kini semakin memudahkan pelayanan terhadap narapidana maupun anak bermasalah hukum warga binaan pemasyarakatan (WBP), dalam mendapatkan hak-haknya. Pemerintah pun menjamin, pemberian remisi, cuti bersyarat maupun pembebasan bersyarat kepada seorang narapidana maupun anak bermasalah hukum tanpa pungutan liar (pungli).
“Tapi, yang ditekankan tadi, berkaitan dengan remisi tidak ada pungli, pemberian cuti bersyarat (CB), maupun pembebasan bersyarat (PB) itu diharapkan total tidak ada pungli sama sekali,” demikian Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Pati, Irwan Silais, usai mengikuti deklarasi pelayanan publik dan pencanangan pembangunan zona integritas UPT Pemasyarakatan menuju WBBM 2019, melalui aplikasi zoom di aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati, Rabu (6/3/2019).
Kepala Lapas Kelas II B Pati Irwan Silais mengatakan, inti dari deklarasi dan pencanangan itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menginstruksikan jajarannya hingga ke rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan harus bebas dari korupsi. “Pada dasarnya ini instruksi dari Kementerian Hukum dan HAM RI, bahwa disetiap UPT (rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan) se Indonesia diinstruksikan menuju wilayah bebas dari korupsi, itu yang harus dilaksanakan. Setelah terwujud wilayah bebas dari korupsi maka meningkat kepada wilayah birokrasi bersih melayani,” jelasnya.
Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arif Darmawan, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto yang diwakili Kasat Reskrim AKP Yusi Andi Sukmana, Kepala BAPAS Pati, serta unsur Forkompimda lainnya turut hadir menyaksikan deklarasi pelayanan public pencanangan pembangunan zona integritas UPT Pemasyarakatan menuju WBBM 2019, melalui aplikasi zoom di aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pati.(•)

 

 

 

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla