KPU Kebut Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu DPD RI

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mengerahkan puluhan pekerja borongan untuk menyortir dan melipat surat suara DPD RI. Penyortiran dan pelipatan itu direncanakan selesai maksimal sepuluh hari kedepan. Namun KPU juga bisa mempercepat kegiatan tersebut dengan mencari tempat sortir dan menambah tenaga atau pekerja sortir dan pelipatan.
Sejumlah pekerja borongan kini melakukan penyortiran dan pelipatan 1.055.487 surat suara DPD Provinsi Jawa Tengah. Penyortiran dan pelipatan berlangsung di aula KPU Kabupaten Pati, dimulai sejak Rabu (6/3/2019).

Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan mengatakan, pihaknya melibatkan enam puluh lima pekerja borongan. Mereka terdiri dari lima penyandang disabilitas, dua puluh warga sekitar, serta empat puluh pekerja lainnya rekomendasi para staf KPU Kabupaten Pati. “Pemeriksaan dan pengamanan kegiatan tersebut dilakukan dengan ketat, melibatkan jajaran Bawaslu Kabupaten Pati dan Polres Pati,” katanya.
Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan merencanakan, penyortiran dan pelipatan surat suara DPD tersebut selesai dalam sepuluh hari ke depan. Itu dengan asumsi setiap pekerja mampu menyortif dan lipat seribu lima ratus hingga dua ribu lembar surat suara per hari. “Apabila memungkinkan, KPU Kabupaten Pati akan menyingkat waktu sortir dan pelipatan surat suara DPD, dengan cara mencari lokasi sortir baru dan menambah jumlah petugas sortir (akan dilakukan evaluasi, dan kebijakan baru pasca sortir dan pelipatan surat suara hari pertama),” tuturnya.
Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan meminta para pekerja lebih cermat dan teliti pada saat proser sortir untuk memastikan semua surat suara yang akan digunakan pemilih dalam keadaan baik/tidak rusak.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla