Separuh Parpol Peserta Pemilu Belum Kirim Data Saksi

Pati, Kota – Delapan dari enam belas partai politik (parpol) di Kabupaten Pati belum mengirimkan data saksi di TPS untuk pemilu mendatang.  Hingga saat ini, masih ada delapan partai politik (parpol) yang dinanti data saksinya yang akan diterjunkan di tempat-tempat pemungutan suara (TPS). Sementara parpol-parpol yang sudah menyetorkan data saksinya, belum bisa memenuhi sesuai jumlah TPS yang ada.

Usai bertemu dengan anggota Komisi II DPR RI H Firman Soebagyo SE MM, Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Achmadi mengatakan, hingga saat ini sudah ada delapan parpol yang sudah menyerahkan data saksinya ke Bawaslu. Namun, parpol-parpol tersebut belum dapat menempatkan saksi-saksinya di seluruh TPS. “Kebutuhan saksi dari masing-masing parpol itu, sejumlah TPS yang ada atau 4.369 orang. Minimal 1 saksi 1 TPS. Karena salah satu penyebab konflik-konflik dilapangan itu antara lain tidak adanya saksi. Karena yang menengahi bila terjadi konflik ini saksi. Jurinya saksi juga,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Pati.
Achmadi menambahkan, dari ke delapan parpol yang belum mengirimkan data saksinya ke Bawaslu, karena terkendala dengan uang transport atau uang saku. “Artinya selama ini parpol menginginkan ada uang transport dari Bawaslu. Padahal kami tidak memiliki anggaran terkait itu. Sampai dari parpol itu mengusulkan uang konsumsi yang terdiri uang snack dan makan dikonversi menjadi uang transport senilai Rp30ribu. Tapi, kami ini kan melaksanakan anggaran ini ada SPJ-nya sehingga tidak serta merta langsung diganti, itu tidak bisa,” ujarnya.
Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Achmadi mengatakan, kebutuhan saksi masing-masing parpol sejumlah 4.369 orang sesuai jumlah TPS yang ditetapkan KPU. Sedang data saksi yang dikirimkan parpol ke Bawaslu berkisar antara lima ratus hingga dua ribu orang.(∙)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla