KPU Sosialisasikan Methode Konversi Perolehan Suara Sainte Lague

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyosialisasikan konversi perolehan suara ke jumlah kursi dengan methode sainte lague. Ini berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang menggunakan kuota hare atau bilangan pembagi pemilih (BPP). Perolehan kursi parpol pada Pemilu 17 April 2019 mendatang, mengabaikan methode bilangan pembagi pemilih (BPP). Tapi, akan menggunakan method sainte lague atau bilangan pembagi tetap. Karena methode baru, sehingga KPU perlu menyosialisasikan kepada partai-partai politik peserta pemilu.

“Nah disini kita bilangan pembagi tetap itu angka 1, 3, 7 dan seterusnya. Jadi jumlah suara sah dari semua caleg dalam satu parpol digabung jadi satu menjadi suara sah partai itu. Kemudian dibagi angka 1,3,5,7 dari hasil pembagian itu dilakukan proses pemeringkatan dari jumlah hasil terseut, sehingga akan ketika diterapkan pada kolom yang disediakan akan kelihatan jumlah kursi dari masing-masing parpol,” demikian Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan saat diwawancara di sela-sela Bimtek dan Sosialisasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara, serta Penetapan Alokasi Kursi dan Calon Terpilih kepada Peserta Pemilu dan stakeholder terkait, di Hotel Safin Pati, Rabu (13/3/2019).
Imbang Setyawan mengatakan, bimtek dan sosialisasi tersebut juga untuk membangun kesepahaman terkait dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS mendatang. KPU juga berharap pada saat pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara bisa berjalan sesuai peran dan fungsi masing-masing, dalam mewujudkan pemilu yang jujur dan adil yang bermartabat ini bisa lakukan bersama-sama berdasarkan control dan kesepahaman yang sama dari semua pihak. “Bahwa gong Pemilu 2019 adalah pemungutan dan penghitungan suara di TPS yang akan kita laksanakan pada 17 April 2019. Dan berdasarkan regulasi, telah diterbitkan PKPU 3, PKPU 4, dan PKPU 5 tahun 2019 yang mengatur terkait pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga pada saat ini KPU Kabupaten Pati mengambil kegiatan untuk bimtek dan sosialisasi kepada peserta pemilu di Kabupaten Pati,” kata Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan.
Bimtek dan Sosialisasi tersebut, melibatkan tim kampanye capres dan cawapres, parpol peserta pemilu, serta petugas penghubung untuk calon DPD.(●)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla