17 Maret Batas Akhir Pengajuan Pindah Memilih

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mengingatkan masyarakat pemilih terkait batas pengajuan pindah memilih. Terutama bagi pemilih yang pada saat pencoblosan tidak bisa memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) asal. Bagi pemilih yang ingin tetap menggunakan hak pilihnya, tapi tidak bisa pulang ke tempat pemungutan suara (TPS) asal, masih ada kesempatan untuk mengurus formulir pindah memilih (A5).

Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoirun Nikmah mengatakan, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada pemilih yang pada saat pencoblosan 17 April 2019 tidak ada di TPS tempat pemilih terdaftar. “Sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu di pasal 210 disebutkan, pemilih DPT dapat dilengkapi DPTb paling lambat tiga puluh hari sebelum pemungutan suara. Kemudian di Surat KPU RI Nomor 391 tertanggal 11 Maret 2019 juga disebutkan batas pelayanan A5 hanya sampai 17 Maret 2019 pukul 16.00,” tutur Khoirun Nikmah.
Bagi pemilih yang hendak mengurus dan mengajukan pindah memilih, kata Komisioner KPU Kabupaten Pati, bisa datang ke PPS maupun ke KPU langsung. Mereka atau pemilih yang bisa mengajukan pindah memilih itu, sudah tercantum di DPT di suatu TPS, yang karena dalam keadaan tertentu pemilih tersebut tidak bisa menggunakan haknya di TPS di tempatnya yang bersangkutan terdaftar sehingga mencoblos di TPS lain. “Ada Sembilan kondisi dalam kondisi tertentu. Diantaranya menjalankan tugas pemerintahan di suatu tempat pada hari pemungutan suara, menjalani rawat inap di Puskesmas maupun rumah sakit dan keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti rehabilitasi, menjalani rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rutan atau Lapas atau terpindana yang sedang menjalani pidana kurungan (penjara), tugas belajar atau menempuh pendidikan menengah atau tinggi, pindah domisili, menjadi korban bencana alam, dan bekerja di luar domisili,” ujarnya.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoirun Nikmah mengatakan, hingga saat ini sudah ada puluhan pemilih yang datang ke Sekretariat KPU Kabupaten Pati di Jl Kolonel Sunandar 54, untuk mengurus formulir pindah memilih (A5) baik yang datang berombongan maupun sendiri.(●)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla