Sistem Rujukan Berjenjang Untungkan Rumah Sakit Tipe C

Pati, Kota – Rumah-rumah sakit bertipe C merasa beruntung dengan kebijakan sistem rujukan berjenjang. Dengan sistem itu, selain memberikan efisien jarak dan biaya juga pemerataan pelayanan bagi rumah-rumah sakit. Rumah-rumah sakit tipe D dan C yang banyak tersebar di daerah-daerah, sangat penting keberadaannya bagi rujukan berjenjang dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, klinik dan dokter keluarga.

“Rumah sakit tipe D dan C ini adalah Faskes skunder jadi sangat strategis dalam sistem rujukan. Untuk kasus-kasus yang bersifat khusus dan perlu penanganan sub spesialistik baru dikirim ke rumah sakit tipe B dan A,” demikian Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo saat berkunjung ke rumah sakit tipe C Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati, Rabu (27/3/2019).
Menurut Yulianto Prabowo, keberadaan RS Mitra Bangsa sebagai rumah sakit tipe C sangat membantu kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Pati dan sekitar. Dengan akreditasi tipe C ini, justru RS Mitra Bangsa diuntungkan dengan kebijakan pemerintah dengan sistem rujukan berjenjang tersebut.
Direktur RS Mitra Bangsa Pati Sugeng Ristanto mengungkapkan hal senada dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo. Menurut Sugeng Ristanto, sistem rujukan berjenjang merupakan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Adanya sistem rujukan berjenjang, rumah sakit tipe C justru menjadi yang diuntungkan karena semua memang harus lewat rumah sakit tipe C baru ke tipe B sehingga bisa merata. Menanggapi soal klaim pembayaran BPJS Kesehatan, tutur Direktur RS Mitra Bangsa Pati, memang saat ini terjadi keterlambatan secara menyeluruh se Indonesia.
Dari 290an rumah sakit se Jawa Tengah, 70 % diantaranya sudah terakreditasi dan 30 % lainnya masih dalam tahap akreditasi. Akreditasi sendiri, kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, berlaku hanya tiga tahun dan harus diperpanjang. Sehingga dengan mengantongi akreditasi, rumah sakit akan menjalankan sistemnya sesuai aturan SOP yang jelas, serta memberikan ketenangan kepada rumah sakit itu sendiri, dokter dan perawat, serta memberikan kenyamanan, kepastian hukum dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.(●)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla