Gubernur Wajibkan Pelajar di Jawa Tengah Paham Kebencanaan

Pati, Kota – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau pelajar di wilayahnya wajib paham dan mengerti tentang kebencanaan. Para pelajar bisa mendapatkan pengetahuan tentang kebencanaan dari guru-guru dari beragam aspek yang berbeda. Ada atau tidak ada kurikulum dari pemerintah, seorang pelajar harus tahu dan paham tentang kebencanaan dan penanggulangannya. Para guru dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, diharapkan dapat mentransfer pengetahuan kebencanaan dan penanggulangannya dari aspek yang berbeda pula.

“Kita bisa memasukan kegiatan tentang kebencanaan kedalam kurikulum. Gurunya bisa bercerita, guru pendidikan kimia, geografi, pendidikan kimia, pendidikan biologi bisa diceritakan termasuk pendidikan agama dan PKn dan sebagainya. Dari masing-masing pendidikan bercerita dari beberapa aspeknya. Dan hari ini saya datang untuk memberikan edukasi dan berbagi (sharing) dengan mereka untuk berbagi pengalaman dan mereka berlatih langsung dalam proses penanggulangan operasi kemanusiaan,” demikian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat menyaksikan simulasi penanggulangan kedaruratan bencana alam, di SMAN 2 Pati, Rabu kemarin (27/3/2019).
Gubernur Ganjar Pranowo berharap, dengan belajar dari pengalaman para pelajar bisa mencoba, memeragakan upaya penanggulangannya seperti memadamkan api menggunakan kain atau karung basah, maupun menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), serta mendirikan tenda pengungsian dengan cepat. “Itu merupakan learning by doing. Mereka pasti akan mengingat itu, kalau ini diteruskan secara kontinyu di sekolah-sekolah pelajar pasti akan mengerti dan paham soal penanggulangan kebencanaan, dan kita memang berada di daerah bencana,” tuturnya.
Sebelum menyaksikan simulasi penanggulangan kebencanaan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan untuk berdialog dan bertanya dengan para pelajar di Pati soal jenis bencana, penyebab, dan upaya dini menghindari bencana alam.(●)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla