Aspirasi Imam Suroso Realisasi Pembangunan BLK Ponpes di Pati

Pati, Margoyoso – Sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Pati kini mulai melakukan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk membekali keterampilan para santri. Pembangunan BLK tersebut merupakan realisasi aspirasi Imam Suroso sebagai pemberdayaan santri yang tinggal di pondok pesantren.
Realisasi dana aspirasi Imam Suroso untuk pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) itu menyasar di Ponpes Al-Istiyanah Plangitan Pati, Ponpes Al Hikmah Kajen Pati, Ponpes Raudhatul Falah Desa Bremi Gembong, dan Ponpes Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Kabupaten Purwodadi.

Saat meninjau pelaksanaan pembangunan BLK di Ponpes Al Hikmah Kajen Kecamatan Margoyoso, Selasa (2/4/2019), Anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso mengatakan pembangunan BLK di lingkungan ponpes tersebut aspirasi Komisi IX melalui Kementrian Tenaga Kerja. Dia berharap pelaksanaannya dapat terealisasi sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis).
"Total bantuan tunai yang disalurkan dari kementrian lewat komisi kami sebesar 1 milyar per lembaga. Dengan alokasi dana untuk membangun gedung 500 juta, pembelian alat kursus 300 juta dan 200 juta untuk pelatihan kepada peserta beserta tenaga pengajar," ungkapnya yang juga politisi partai PDI Perjuangan.
Pimpinan Ponpes Al Hikmah Kajen Gus Mujib (cucu dari Mbah Dullah Salam Kajen) mengatakan, pembangunan gedung BLK di komplek ponpesnya telah di dilakukan sejak 23 Maret 2019. Dengan adanya aspirasi dari anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso akan memberikan dampak positif bagi santri Ponpes untuk memiliki kemampuan IT dan akhlak yang baik dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil.
"Rencananya BLK nanti untuk pembelajaran IT agar anak Ponpes juga bisa bersaing dengan anak yang hanya mengikuti pendidikan formal. Dengan ini kami harapkan, Pak Imam Suroso jadi DPR RI lagi untuk mengawal program BLK dan program lainnya agar semakin baik lagi," tandasnya.
Anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso berjanji mengawal realisasi pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) yang nantinya juga akan dapat dikembangkan untuk kursus las, otomotif, bahasa dan lainnya. Sehingga setelah lulus dari ponpes, selain ilmu-ilmu agama santri juga mendapat bekal wirausaha baik untuk bekerja di daerah sendiri maupun didaerah lain, bahkan bekerja di luar negeri.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla