Disdukcapil Siap Layani Suket Untuk Pemilih Pascaputusan MK

Pati, Kota – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati siap melayani surat keterangan (suket) rekam data KTP elektronik untuk bisa menggunakan hak pilihnya. Bahkan bila jaringan internet baik dan tersedia blangko, bisa diterbitkan KTP elektronik.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati menyikapi positif menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi soal membolehkan surat keterangan rekam data KTP elektronik.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati Rubiyono mengatakan, pihaknya tetap melayani pemberian surat keterangan (Suket) rekam data KTP elektronik kepada masyarakat Kabupaten Pati menindaklanjuti putusan MK RI. ”Sehingga dalam hal ini, kita Disdukcapil tetap akan menyisir kepada warga masyarakat Pati yang belum merekam segera rekam data KTP elektronik. Jadi justru nanti tidak perlu suket, bila nanti jaringan internet bagus dan blangko sudah siap tidak perlu terbit suket kita langsung cetak KTP elektroniknya, langsung jadi,” ujarnya.
Kepala Disdukcapil Rubiyono mengimbau masyarakat Kabupaten Pati yang sampai saat ini belum merekam bisa datang ke kecamatan atau langsung ke Dinas Dukcapil untuk melakukan perekaman. ”Kalau di Disdukcapil langsung bisa jadi mungkin terbit KTP elektronik bila jaringannya bagus, kalau di kecamatan karena peralatannya terbatas dengan kertas mungkin bisa terbit satu atau dua hari. Disdukcapil sudah sepuluh hari menyisir ke kecamatan-kecamatan dengan pelayanan sehari langsung jadi, bukan hanya untuk KTP elektronik saja, tapi juga untuk KK, akte kelahiran/kematian bila persyaratan memenuhi di tempat itu langsung bisa jadi,” ujarnya.
Diperbolehkannya surat keterangan rekam data KTP elektronik sebagai persyaratan untuk mencoblos tersebut, berdasarkan keputusan MK RI Nomor 22/PU-XVII/2017-2019 tertanggal 26 Maret 2019 dimana di dalam pasal 358 ayat 9 UU Pemilu.(pas-gus).

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla