Tujuh Lembaga Pantau Coblosan di Setiap TPS di Pati

Pati, Kota – Sejumlah tujuh lembaga akan melakukan pemantauan di setiap TPS saat pencoblosan berlangsung. Lembaga-lembaga tersebut sudah mengantongi persyaratan untuk pemantauan.
Bawaslu Kabupaten Pati memastikan, setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan mendapat perhatian dari lembaga pemantau pemilu. Dari total empat puluh delapan lembaga pemantau pemilu yang sudah terdaftar di Bawaslu RI, tujuh pemantau diantaranya akan menempatkan delegasinya.

Diwawancara radio PAS Pati, Kamis pagi (4/4/2019), Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Achmadi mengatakan, hingga saat ini sudah ada tujuh pemantau yang telah memenuhi syarat untuk melakukan pemantauan saat pencoblosan. “Sudah ada tujuh pemantau lokal yang sudah masuk di Bawaslu RI. Yang dua ini baru masuk ke provinsi. Insya Allah yang lima pemantau itu segera diregister, karena keabsahannya sudah diteliti dan memenuhi syarat untuk pemantauan. Itu dari yang lima akan melakukan pemantauan di 4.369 tempat pemungutan suara (TPS),” katanya.
Achmadi mengatakan, dengan adanya delegasi dari lembagai-lembaga pemantau itu nantinya di TPS akan semakin ramai dengan kepentingan dan tujuan. Untuk itu, masyarakat juga harus mengawasi kiprah pemantau di setiap TPS. “Tugas-tugas mereka hanya diberi kewenangan terkait regulasi yang ada. Semisal tentang PPS itu dalam melakukan tanda tangan di kertas surat suara. Itu dilakukan atau tidak, terutama oleh Ketua KPPS. Pemantau juga ikut mengawasi dalam arti memenuhi syarat,” ujarnya.
Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Achmadi berharap, keberadaan para pemantau dan pengawas dapat mengawasi kinerja penyelenggara di tingkat TPS, meminimalkan kemungkinan terjadinya kecurangan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla