Bawaslu Tindak Lanjuti Laporan Dugaan Pemberian Politik Uang

Pati, Kota – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati berjanji segera menindaklanjuti laporan dugaan terjadinya praktik politik uang (money politic). Tindak lanjut laporan tersebut akan dilakukan melalui rapat pleno bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).
Bawaslu segera menindaklanjuti laporan dugaan praktik politik uang berupa pemberian uang dan sumpah kepada peserta arisan di Desa Payang Kecamatan Pati. Rencananya laporan tersebut akan dibawa dalam rapat pleno sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Devisi Penyelesaian Sengketa Suyatno mengatakan, setelah melalui rapat pleno di internal Bawaslu, laporan masyarakat terkait dugaan money politic akan dibahas bersama unsur kepolisian dan unsur kejaksaan yang tergabung dalam sentra Gakumdu. “Nanti akan kita kaji dulu di pembahasan pertama. Kita akan mengkaji pertama terkait apakah memenuhi syarat formil dan materiilnya,” kata Suyanto.
Syarat formil dan materiil itu, tutur Suyatno, terkait siapa pelapor dan terlapornya, saksi, serta tengat waktu kejadian minimal tujuh hari sejak peristiwa/kejadian praktik politik uang tersebut diketahui atau dilaporkan. “Kalau diatas tujuh hari berarti tidak memenuhi syarat formil atau sudah kedaluwarsa,” ujarnya.
Komisioner Bawaslu Pati Devisi Penyelesaian Sengketa Suyatno mengatakan, pihaknya mengacu pada pasal 521 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla