289 Ahli Waris Terima Santunan Kematian

Pati, Kota – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati kembali menyalurkan ratusan santunan kematian kepada ahli warisnya. Kebijakan pemberian santunan kematian itu bersumber dari APBD yang dialokasikan setiap tahunnya.
Santuan kematian yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Pati pada 2019 ini sejumlah 289, yang diserahkan kepada ahli waris masing-masing. Penyerahan bantuan santunan kematian oleh Bupati kepada para ahli warisnnya itu, berlangsung di ruang rapat Penjawi Setda Pati, Senin pagi (9/4/2019).

Dalam sambutannya Bupati Pati Haryanto mengatakan, Pemerintah Kabupaten memang setiap tahunnya menganggarkan/mengalokasikan anggaran bantuan santunan kematian untuk warganya. Pada 2018 alokasi anggaran santunan kematian Rp1 milyar yang tersalurkan sekitar Rp820 juta. “Jadi kalau memang tidak ada permintaan, tidak ada klaim (usulan) tidak dapat dicairkan uang yang telah dialokasikan tersebut. Ini adalah haknya masyrakat yang memang untuk meringankan beban,” terangnya.
Bupati Haryanto berharap, meski bantuan tersebut senilai Rp1 juta dapat diterima oleh ahli warisnya, sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya yang tertimpa musibah karena keluarganya meninggal dunia. “Ini pemerintah telah membantu tiap tahun, termasuk nanti untuk warga penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus). Ada yang tuna netra, tuna wicara, tuna rungu, termasuk korban bencana alam. Namun untuk bantuan itu harus melalui prosedur dan mekanisme,” katanya.
Dalam penyerahan bantuan ini, kata Bupati Pati Haryanto, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Sosial melakukannya secara non tunai atau melalui rekening baik milik keluarga maupun milik ahli warisnya sendiri. Ini dimaksudkan agar bantuan dan santunan yang disalurkan kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla