Cetak
Dilihat: 191

Pati, Kota – Di Kabupaten Pati masih banyak aparatur pemerintah desa yang belum paham dalam pengelolaan keuangan desa seperti alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD). Ini mendorong pemerintah untuk meningkatkan kapasitas sekaligus penyamaan persepsi kepada kades, sekdes dan BPD dalam pengelolaan keuangan desa.

Dari hasil audit terhadap pengelolaan keuangan, utamanya alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD), BPK RI Perwakilan Jawa Tengah memberikan rekomendasi kepada Pemkab Pati. Itu disebabkan masih banyaknya aparatur pemerintah desa yang belum paham dalam pengelolaan bantuan-bantuan keuangan dari pemerintah. Pemkab Pati menindaklanjuti hal tersebut dengan menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desanya, di Pendopo Kabupaten Pati, Senin pagi (9/4/2019).
“Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa ini memang pada waktu audit kinerja kita mendapat rekomendasi. Karena sebagian besar aparatur pemerintah desa banyak yang belum paham pengelolaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga itu kita tindak lanjuti dengan pihak ketiga. Ini melibatkan nara sumber dari BPK, Forkompinda, Kepolisian,” demikian Bupati Pati Haryanto saat diwawancara radio PAS Pati.
Menurut Bupati Pati, tujuan pelatihan tersebut ADD, DD maupun anggaran lain dapat dikelola dengan benar dan tepat mutu, tepat manfaat dan tepat sasaran. Dana dari pemerintah untuk kesejahteraan rakyat itu, akan terbuang sia-sia bila pengguna anggaran tidak paham dalam pengelolaannya. ”Dan tiap tahun dapat anggaran besar karena tidak tahu penggunaannya maka akan menjadikan persoalan di lapangan. Hari ini dilakukan pelatihan peningkatan kapasitas yang melibatkan Kades, Sekdes dan Ketua BPD untuk menyamakan pemahaman dalam perencanaan pengelolaan dan pelaksanaan keuangan desa,” ujarnya.
Pengelolaan anggaran akan menjadi permasalahan dalam penggunaannya, sehingga mengundang kerawanan bila menyimpang dari regulasi. Melalui pemahaman yang melibatkan kades, sekdes dan BPD, kata Bupati Pati Haryanto, mereka akan lebih tahu, kecuali yang menerima penjelasan ini hanya seorang saja.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s