Kemplang Dana Nasabah, Polisi Tahan Bos Koperasi Aneka Jasa 26 Pati

Pati, Kota – Polres Pati telah menindaklanjuti kasus pengemplangan dana nasabah Koperasi Aneka Jasa 26 yang kini sudah tidak beraktifitas lagi. Bahkan polisi telah menahan bos koperasi tersebut sejak sepekan lalu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Setelah gagal dalam beberapa kali mediasi dengan melibatkan dinas terkait, akhirnya sejumlah nasabah melaporkan Manager Koperasi Aneka Jasa (KAJ) 26 Pati berinisial AN, 59 tahun warga Desa Kajen Kecamatan Margoyoso ke Polres Pati. Dari serangkaian penyelidikan atas kasus itu, Polisi pun akhirnya menahan bos koperasi tersebut, pada 25 Maret 2019 lalu.

Wakapolres Pati Kompol Danu Totok Pamungkas mengatakan, berdasarkan keterangan sejumlah nasabah yang melaporkan ke Satreskrim Polres Pati, ada dugaan tersangka pelaku mengemplang dana masyarakat yang dihimpunnya dan disimpan di rekening pribadinya. “Ini sudah kami tangani. Barang bukti juga sudah kami sita lima unit komputer, kemudian sejumlah buku tabungan dengan modus tersangka ini menghimpun dana dari masyarakat tanpa seizin usaha dari Bank Indonesia dan dana dari para nasabah ini disimpan di rekening pribadi. Dari kurun waktu 2014 – 2017 dengan nasabah sejumlah seribuan,” ujarnya.
Kompol Danu Totok Pamungkas menambahkan, Dari total dana yang dihimpunnya senilai Rp 53 milyar, yang tersisa di rekening pribadi Manager KAJ 26 Pati itu Rp 7,5 milyar. Korban kejahatan tersebut, dari berbagai lapisan masyarakat, dengan nilai nominal antara Rp 10 juta hingga Rp 1,4 milyar. “Tersangka pelaku dikenakan pasal 46 ayat 1 UU Nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan UU Nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan dengan ancaman kurungan penjara minimal lima tahun dan maksimal lima belas tahun serta denda sekurang-kurangnya berkisar antara Rp 10 milyar hingga Rp 200 milyar,” kata Wakapolres Pati.
Kepolisian terus mengembangkan kasus tersebut, untuk menjerat tersangka lain yang kemungkinan terlibat. Wakapolres Pati Kompol Danu Totok Pamungkas mengimbau masyarakat untuk lebih teliti memilih koperasi sebelum menyimpankan dananya apalagi dalam jumlah ratusan juta rupiah.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla