Hibah Motor Sampah Kementerian LH dan Kehutanan Untuk Mudahkan Pengelolaan Sampah

Pati, Kota – Pemerintah Kabupaten Pati akan memanfaatkan motor-motor sampah hibah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendukung pengelolaan sampah secara maksimal. Sehingga semakin banyak sarana pengangkut sampah, akan semakin memudahkan masyarakat mengangkut sampah ke tempat-tempat pembuangan sampah sementara.
Pemerintah Kabupaten Pati kembali menerima hibah dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Hibah tersebut berupa sepuluh motor sampah aspirasi anggota DPR RI Firman Soebagyo yang diserahkan langsung kepada Bupati Pati Haryanto usai memimpin apel di halaman Setkab, Kamis (11/4/2019).

Diwawancara usai menerima hibah motor sampah tersebut, Bupati Haryanto mengatakan, hibah motor sampah itu selanjutnya dibagikan kepada ponpes, karang taruna, PKL, BUMDes, pengumpul sampah, pemuda pecinta lingkungan, serta ponpes dengan harapan mendukung pengelolaan sampah di Kabupaten Pati. “Sehingga semakin banyak sarana pengangkut sampah itu memudahkan masyarakat untuk membuang sampah di tempat-tempat sampah. Karena, selama ini sampah sering dibuang di pinggir-pingggir jalan. Kalau sudah difasilitasi dengan semacam ini, kita tahu akan fungsi dan pemanfaatannya kedepan,” katanya.
Dalam rangka penanganan sampah itu, Bupati Pati juga memerintahkan kepada kades, agar dana desa bisa untuk pengadaan armada pengangkut sampah bukan hanya infrastruktur saja. Tapi juga peningkatan ekonomi, pemberdayaan SDM dan kebutuhan kebersihan lingkungan. Sementara bagi desa-desa yang kekurangan air bersih, dana desa juga bisa dianggarkan untuk pengadaan motor tangki mini untuk menyalurkan air. “Itu juga boleh untuk membantu kebutuhan masyarakat. Mudah-mudahan agak berkurang keluhan masyarakat terkait dengan sampah. Untuk bantuan yang diberikan Pak firman soebagyo ke Pati ini sudah cukup banyak ada disel, handtractor, power trasher, back hoe, nilainya sudah puluhan milyar,” kata Bupati.
Sementara itu anggota DPR RI Firman Soebagyo mengatakan, bantuan sepuluh motor sampah itu sebagai bentuk kepeduliannya terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan di Kabupaten Pati. “Ini gerakan-gerakan kita awali, Insya Allah dari tahun ke tahun nanti berhasil kita tambah lagi. Seperti pemberian eksavator per kecamatan itu ternyata bagus dan maksimal, kalau nanti bisa seperti itu akan kita berikan ke kecamatan lain sehingga nanti masalah irigasi, atau gorong-gorong rusak tidak perlu menangisi lagi Pak Bupati yang menggantungkan APBD. Tapi swadaya masyarakat, swakelola masyarakat kita berikan kail bukan ikannya. Ternyata itu kan bisa, selama ini tidak pernah dilakukan,” ujar legislator nasional asal Kabupaten Pati.
Dalam pengelolaan sampah sendiri, kata Bupati Pati Haryanto, pemkab tanggap terhadap sikap warga yang membuang sampah sembarangan dengan membuatkan tempat penampungan maupun menempatkan container sampah.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla