Ganggu Konsentrasi, Merokok Saat Berkendaraan Dilarang

Pati, Kota – Meski aturan sudah melarang dan polisi sudah berulang kali memberikan imbauan, namun masih banyak pengendara yang merokok saat mengemudikan kendaraan. Larangan dan imbauan untuk tidak merokok, mendengarkan musik memakai headset maupun menggunakan gawai (telepon genggam pintar), senantiasa disampaikan kepada masyarakat, karena dapat mengganggu konsentrasi dan membahasyakan pengendara saat mengemudi kendaraan di jalan raya.
Saat berkendaraan, seorang pengemudi baik sepeda motor maupun mobil, membutuhkan konsentrasi tinggi. Selain bagi diri sendiri, seorang pengemudi juga harus bertanggung jawab bagi pada pengemudi dan kendaraan lain.

Kasat Lantas Polres Pati AKP Christian Crisye Lolowang kepada radio PAS Pati mengatakan, merokok sambil berkendaraan bisa dikenakan tindakan pelanggaran (tilang). “Jadi setiap pengendara itu harus berkonsentrasi tinggi pada saat mengemudi di jalan raya. ketika mereka menggunakan telepon genggam, merokok ya otomatis kan dia tidak akan konsentrasi. itu suatu kewajiban pengendara berkonsentrasi tinggi. toh yang kita yang sudah berkonsentrasi bisa terjadi kecelakaan, apalagi kita yang tidak berkonsentrasi,” terangnya.
Kasat Lantas Polres Pati mengatakan, larangan merokok, menggunakan telepon genggam atau mendengarkan musik memakai headset saat berkendaraan sesuai dengan pasal 160 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Regulasi itu mengatur setiap pengemudi dilarang melakukan aktivitas yang mengganggu konsentrasi saat mengendarai kendaraan bermotor. ”Merokok itu sangat-sangat dilarang, karena abu dari rokok itu bisa mengenai mata pengendara atau orang lain yang ada di belakangnya. Maka saya mengimbau pengendara untuk tidak merokok,” tuturnya.
Kasat Lantas Polres Pati AKP Christian Crisye Lolowang mengatakan, meski pelanggaran itu dapat dilakukan penindakan, namun menjelang pilpres dan pilleg ini pihaknya masih sekadar memberikan imbauan. Namun, setelah selesainya tahapan penyelenggaraan pemilu serentak nanti kepolisian satlantas akan melakukan penindakan, baik berupa teguran dan penilangan. Tapi, untuk penggunaan telepon genggam pintar begitu petugas mengetahui bisa langsung dilakukan tilang di tempat.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla