Saltantas Polres Pati Akan Terapkan Elektronik Tilang

101fm, Pati Kota – Dalam waktu dekat ini Satlantas Polres Pati segera menerapkan E-Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau E-Tilang. Menjelang penerapan, program tersebut, Satlantas Polres Pati sedang menyosialisasikan kebijakan e-tilang tersebut kepada masyarakat. Sejak April ini, Satlantas Polres Pati telah mengaktifkan dua kamera pemantauan untuk penindakan pelanggaran lalulintas di dua tempat. Meski masih dalam tahap sosialisasi, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pelanggaran, karena dalam beberapa minggu ke depan penilangan berdasarkan rekaman elektronik traffic law enforcement akan diterapkan.

“Tekniknya itu kita akan mendata pelanggaran yang ada di traffic light itu kemudian kita akan mengirimkan surat konfirmasi ke pemilik. Kita data kendaraan dari samsat, kemudian kita kirim konfirmasi, seumpama masyarakat itu yang melakukan pelanggaran itu kami harapkan setelah lima hari setelah menerima konfirmasi itu harus membayar tilangnya baik ke BRI maupun ke Samsat. Nanti kita bantu dengan menggunakan briva BRI untuk percepatan pembayaran tilang,” demikian Kasat Lantas Polres Pati AKP Chritian Crisye Lolowang, saat diwawancara awak media, Kamis (2/5/2019).
Dengan penerapan E-TLE tersebut, kata AKP Christian Crisye Lolowang, para pelanggar tidak perlu lagi sidang di Pengadilan Negeri Pati atas pelanggaran yang dilakukannya, namun polisi akan tetap memberikan bukti pelanggaran (tilang) kalau mereka ingin tetap sidang. “Ketika kita mendapatkan bahwa kendaraan setelah konfirmasi dari masyarakat kita akan memblokir sehingga kepemilikan kendaraan itu harus balik nama untuk tertib administrasi. Dengan tertib administrasi itu akan memberikan kepastian, dan bila ada tabrak lari atau kejahatan menggunakan kendaraan mudah untuk mendeteksinya,” katanya.
Kasat Lantas Polres Pati AKP Christian Crisye Lolowang mengatakan, saat ini pihaknya punya empat titik kamera, namun yang digunakan untuk ETLE baru yang terpasang di simpang Delta Joyokusumo dan di simpang Puri. Sedang yang di perempatan CPM dan sampng Polres Pati masih dimanfaatkan sebagai kamera pemantauan yang dinilai banyak pelanggaran lalulintas.(pas-gus).

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla