Hasil Rekapitulasi dan Penghitungan Dikirim ke KPU Jawa Tengah

101fm, Pati Kota – Usai merekapitulasi dan menghitung perolehan suara pemilu serentak tingkat kabupaten, KPU Pati mengirimkan hasilnya ke KPU Jawa Tengah. KPU Pati melibatkan aparat kepolisian dari Polres Pati untuk pengawalan pengiriman hasil rekapitulasi dan penghitungan suara itu ke KPU Jawa Tengah.
KPU Kabupaten Pati telah menyelesaikan rekapitulasi dan penghitungan suara pemilu serentak tingkat kabupaten, selama tiga hari hingga Jumat (3/5/2019) pukul 22.00. Namun, untuk penandatanganan dan penyerahan berkas kepada para saksi yang mendapat mandat, selesai hingga Sabtu (4/5/2019) pukul 2.00 dini hari.

Komisioner KPU Kabupaten Pati Supriyanto mengatakan, semua telah dituangkan dalam berita acara DB untuk semua jenis pemilihan umum. “Kita juga semalam menyelesaikan administrasi penandangtangan DB itu dengan para saksi yang dilakukan hingga dini hari tadi dengan menyerahkan kepada saksi yang memperoleh mandat dan kepada Bawaslu. Kewajiban kita sudah kami gugurkan dengan disertai tanda terima. Memang kewajiban rekapitulasi, pihak-pihak yang harus kami beri hasil itu adalah mereka,” ujarnya.
Selanjutnya, kata Supriyanto, KPU Kabupaten Pati mengirimkan hasil rekapitulasi dan penghitungan perolehan suara tersebut, ke KPU Provinsi Jawa Tengah untuk dilakukan rekapitulasi secara berjenjang di tingkat provinsi. KPU Jawa Tengah rencananya 6 – 10 Mei melakukan rekapitulasi dan penghitungan suara. “Sekarang ini KPU Pati akan menyampaikan hasil rekapitulasi ke KPU Provinsi sebagai dasar mereka melakukan rekapitulasi berjenjang di tingkat provinsi. Karena memang rekapitulasi dan penghitungan suara di Kabupaten Pati sudah selesai,” ujarnya.
Menyinggung penetapan perolehan kursi masing-masing parpol dan penetapan caleg terpilih, kata Komisioner KPU Kabupaten Pati Supriyanto, setelah KPU RI menyelesaikan dan menetapkan hasil rekapitulasi dan penghitungan suara untuk semua jenis pemilu secara nasional. Bila tidak ada sengketa hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi, provinsi, kabupaten atau kota dapat menetapkan perolehan kursi masing-masing parpol dan caleg terpilihnya.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla