Cetak
Dilihat: 534

101fm, Pati Margorejo – Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (LSP-BNSP) SMK Negeri 2 Pati menyelenggarakan uji kompetensi bagi para peserta didiknya di enam jurusan berbeda. Uji kompetensi tersebut untuk membekali para lulusan SMK, menghadapi persaingan kerja di dunia internasional.
Uji kompetensi tersebut mengikutsertakan 672 peserta didik dari SMK Negeri 2 Pati penerima bantuan dan peserta uji kompetensi mandiri dari SMK jejaringnya yang telah mengantongi lisensi Direktorat PSMK Kemendikbud. Prinsip uji kompetensi menggunakan sistem go no go (kompeten atau belum kompeten). Meliputi uji kompetensi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, uji kompetensi teknik audio visual, uji kompetensi teknik otomasi industry, uji kompetensi teknik pemesinan, uji kompetensi teknik kendaraan ringan, serta uji kompetensi multimedia.

“Jadi kalau anak bisa melaksanakan dengan baik materi uji kompetensi (MUK) dia dinyatakan kompeten, tapi kalau ada beberapa yang belum mampu maka dia belum kompeten. Kita melaksanakan uji kompeten ini juga ada yang mandiri ada juga yang mengakses dari berbagai bantuan,” demikian Ketua LSP BNSP SMK Negeri 2 Pati Ngarpani SPd MSi, saat diwawancara Sabtu siang (4/5/2019).
Ngarpani SPd MSi mengatakan, pada pelaksanaan uji kompetensi enam program keahlian tahun ini pihaknya mendapatkan beberapa bantuan, diantaranya dari Direktorat PSMK, Dinas Provinsi, BNSP, serta PUPR yang dilakukan oleh para peserta didik jurusan teknik gambar bangunan. “Kemanfaatan uji kompetensi bersama LSP BSNP ini adalah sesuai dengan Inpres Nomor 9 tahun 2016 tentang pelaksanaan sertifikasi SMK untuk meningkatkan kualitas anak bangsa ketika bersaing di dunia kerja internasional itu salah satu sertifikasi yang dilakukan oleh LS BSNP ini. Sertifikat yang nanti akan diterima anak ini laku di sepuluh Negara ASEAN,” ujarnya.
Ketua LSP BNSP SMK Negeri 2 Pati Ngarpani SPd MSi mengatakan, SMK jejaringnya yang telah mengantongi lisensi Direktorat PSMK Kemendikbud yang menyelenggarakan uji kompetensi bersama diantaranya SMK Bani Muslim, SMK Permata Nusantara Gabus, SMK Kesuma Margoyoso, SMK Tiara Gembong, SMK Assalamah Pati, dan SM Taruna Bangsa Gabus.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s