Dilaporkan Curi Pohon, Tersangka Akhirnya Menyerahkan Diri

101fm, Pati Jaken - Seorang tersangka pelaku pencurian menyerahkan diri ke polisi, setelah korban melaporkan kasusnya. Kini tersangka yang masih bertetangga dengan korban, masih dalam penyidikan Polsek Jaken.
Pelaku pencurian yang menyerahkan diri ke Polsek Jaken itu, berinisial LS, berusia 36 tahun warga Desa Srikaton Kecamatan Jaken. Meski sempat menghilang beberapa pekan setelah kejadian pada Sabtu (6/4/2109) sekitar pukul 7 pagi, di kebun turut Dukuh Watur Desa Srikaton Kecamatan Jaken.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto SIK melalui Kasubbag Humas IPTu Suharning mengatakan, dua hari setelah kejadian, korban (yang meminta identitasnya tidak disebutkan) melaporkan tindakan tersangka LS ke polisi. "
Modus operandinya, tersangka menebang dan menjual 5 pohon jati dan 1 pohon nangka tanpa seijin pemiliknya. Sehingga korban mengalami kerugian senilai Rp 20 juta," katanya.Pada Kamis (2/5/2019) sekiar pukul 10.20 tersangka LS datang ke Polsek Jaken untuk menyerahkan diri, yang ditindaklanjuti dengan oleh penyidik dengan membuatkan berita acara penyerahan diri, pemeriksaan serta penahanan terhadap tersangka LS. Dari keterangan tersangka LS, kata IPTu Suharning, sehari sebelumnya, Jumat (5/4/2019) tersangka menyuruh seseorang untuk mencarikan pembeli enam pohon tersebut. Dari pepohonan tersebut seseorang membelihnya dengan harga Rp 1,05 juta. Dari hasil penjualannya itu, Rp 50 ribu diberikan kepada orang yang mencarikan pembeli, dan sisanya dihabiskan tersangka untuk kebutuhan sehari hari. "Pada hari yang disepakati, penebangan pohon tersebut dimulai dengan mempergunakan alat senzo dan circle. Setelah ditebang, korban datang dan menyatakan lahan yang ditumbuhi pohon tersebut miliknya. Atas kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek Jaken guna penyidikan lebih lanjut," ujarnya.
Penyidik Polsek Jaken, kini telah menyiapkan pasal 362 KUHP tentang pencurian untuk menjerat tersangka LS, dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla