PPDB SMP di Pati Terapkan Sistem Online

101fm, Pati Kota – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) mulai dari TK, SD dan SMP di Kabupaten Pati segera dimulai. Khusus untuk SMP pendaftarannya menggunakan sistem online yang dikendalikan langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati akan dimulai 20 hingga 22 Mei 2019. Selain zonasi minimal 90%, model pendaftaran PPDB tahun ini bisa melalui jalur prestasi maksimal 5% dan jalur perpindahan tugas orang tua 5%.

“Setelah melakukan pendaftaran, sekolah akan melakukan seleksi zona itu satu tempat saja. Semakin dekat dengan sekolah bersangkutan, berarti aplikasi kita skornya akan lebih tinggi, yang kedua waktu, yang mendapat nilai lebih tinggi yang mendaftar lebih awal,” demikian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Winarto SPd, pada Sosialisasi PPDB TK, SD, serta Bentuk Lain yang sederajat tahun pelajaran 2019/2020, di ruang rapat Penjawi Setda Pati, Rabu (8/5/2019).
Satu sekolah baru akan menggunakan nilai ujian nasional, bila seleksi zonasi pendaftar melebihi kuota. Sedang jalur prestasi, kata Winarto, dipakai bila memang kuotanya masih mencukupi. “Kalau zona itu tidak lebih nilai ujian tidak dipakai, menggunakan jalur prestasi. Ini perlu pemahaman bila mendapat komplain dari orang tua,” ujarnya.
Soal zonasi itu, kata Kepala Disdikbud Kabupaten Pati Winarto SPd, ditetapkan oleh Pemkab Pati berdasarkan pertimbangan dari hasil musyawarah MKKM.
Bupati Pati Haryanto yang membuka sosialisasi tersebut berharap, para kepala sekolah dapat saling berkomunikasi dan bersinergi, agar tidak lagi muncul kecemburuan dalam pelaksanaan PPDB mendatang.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla