Jalur Alternatif di Pati Siap Dilalui Pemudik

101fm, Pati Kota – Jalur-jalur alternatif mudik balik lebaran tahun ini di wilayah Kabupaten Pati, sudah siap untuk dilewati. Penyiapan jalur alternatif ini, selain untuk mengurangi kepadatan juga untuk mengalihkan arus lalulintas bila di jalur pantura Pati – Rembang terjadi kemacetan.

Lebaran tahun ini diprediksi terjadi lonjakan arus mudik dan balik pada +7. Puncak arus mudik akan terjadi pada 3 – 4 Juni 2019, dan puncak arus balik pada 13 – 14 Juni 2019. Mengantisipasi kepadatan dan kemacetan di jalur utama pantura Pati – Rembang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati memastikan jalur-jalur alternatif siap untuk dilewati pemudik. “Yaitu jalur alternative Batangan Juwana dengan jalan yang dilalui Ketitang Batangan – Kuniran – Jaken – Jakenan – Juwana Pati. Kemudian yang kedua jalur alternative Juwana – Pati, lewat Juwana – Jetak – Wedarijaksa – Pati. Jalur alternative Sukolilo – Pati yang dilalui pertigaan Bulung – Cengkalsewu – Kayen – Pati,” demikian Kepala Dishub Pati Sudarlan, saat rakor persiapan menghadapi lebaran di ruang rapat Penjawi Setda Pati belum lama ini.
Untuk kenyamanan para pemudik, di sepanjang jalur-jalur alternatif, kata Kepala Dishub Pati Sudarlan, pihaknya sudah melengkapi rambu maupun marka jalan. Baik rambu-rambu penunjuk arah, maupun rambu-rambu peringatan.
Disamping itu, kata Sudarlan, Dishub Kabupaten Pati juga menyiagakan lima ratusan lebih armada angkutan penumpang, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi mencapai lima presen. “Dengan estimasi armada yang ada bisa mengangkut penumpang sejumlah 25.927 orang. Diperkirakan kenaikan (lonjakan) penumpang sekitar 5% atau sekitar 13.239 orang,” ungkapnya.
Kepala Dishub Kabupaten Pati Sudarlan mengatakan, pihaknya mengaktifkan posko angkutan lebaran 2019 tersebut, pada 28 Mei hingga 14 Juni 2019.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla