Kapolres Pati: Babinkamtibmas Wajib Awasi Penggunaan Dana Desa

101fm, Pati Kota - Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mewajibkan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) untuk mengawasi penggunaan dana desa yang dikucurkan dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan desa. Setiap Babinkamtibmas harus memiliki data penggunaannya dana tersebut untuk meminimalkan penyalahgunaan dana tersebut.

Kapolres Pati menyampaikan penekanan dan arahan tersebut kepada seluruh Bhabinkamtibmas di jajaran Polsek Polres Pati, saat pengarahan di Gedung Mantab Brata, Rabu (12/6/2019). Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP Jon Wesly Arianto juga menekankan agar setiap Bhabinkamtibmas untuk peduli dengan masyarakat dan dapat menempatkan diri di lingkungan masyarakat, serta menjauhkan diri dari sikap arogan.
Kedepan kita akan upayakan penambahan Personil Bhabinkamtibmas yang seharusnya satu desa satu Bhabinkamtibma. Bhabinkamtibmas harus sering Koordinasi dengan Kepala desa, perangkat desa dan para tokoh masyarakat yang ada di desa supaya mudah mendapatkan informasi tentang apa saja yang ada di Desa," ujarnya.
Seorang Bhabinkamtibmas, kata Kapolres juga harus dapat memahami gambaran situasi perpolitikan saat ini dan lebih dulu berada di desa dan menyampaikan imbauan kamtimbas bila ada kegiatan di desa. "Terkait ledakan bom yang terjadi di Kartasura agar Bhabinkamtibmas dapat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tenang, serta melakukan deteksi dan monitoring di desa terkait Islam Radikal," kata Kapolres AKBP Jon Wesly Arianto.
Hal senada juga disampaikan Wakapolres Kompol M Ifan Hariyat. Wakapolres berharap Bhabinkamtibmas harus bisa menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat, dan harus mengetahui karakteristik wilayah desa dan asta grata di desa. "Pada saat Bhabinkamtibmas turun ke Desa harus bisa melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta harkamtibmas di desa, serta membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Terkait Anggaran Dana Desa, Bhabinkamtibas mempunyai wewenang untuk mengetahui dan melakukan pengawasan," ujar Wakapolres Pati Kompol M Ifan Hariyat.
Polres Pati rencananya akan menambah personil Bhabinkamtibmas sebanyak dua puluh personil, agar lebih efektif menjaga situasi wilayah di desa binaan untuk tetap kondusif.(pas-gus).

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla