Jakenan – Tim Serapan Gabah (Sergab) Mabes Angkatan Darat memantau pencapaian panen padi di wilayah Kabupaten Pati, Selasa pagi (13/6).  Pemantauan tersebut bersamaan dengan panen padi di lahan pertanian di Desa Bungasrejo Kecamatan Jekanan.
Rombongan Tim Sergab Mabes Angkatan Darat merasa puas dengan pencapaian serapan gabah oleh Bulog di wilayah Kabupaten Pati. Apalagi, hingga saat ini, di sebagaian wilayah Kabupaten Pati masih ada yang panen, seperti di Desa Bungasrejo.

Usai memanen perdana di lahan pertanian, Pimpinan  Tim Sergab Mabes Angkatan Darat, Brigjen. TNI. Sudarto kepada radio PAS Pati mengatakan, pelaksanaan serapan gabah dari petani oleh Bulog hingga saat ini mencapai 45% lebih dari yang ditargetkan, sekitar 102ribu ton.
“Intinya sekitar 45% dari target semestinya. Kalau sekarang masuk ke MT II baru awalan lima puluh persen sekian harusnya,  kurang sedikit dari target. Tapi di bawah ini sudah cukup produksi hasil panen juga bagus,serapannya juga bagus,” tegasnya.
Brigjen TNI  Sudarto mengatakan,  panen pada MT II kali ini berdasarkan laporan Dispertanak, ada peningkatan yang signifikan. Karena pada MT I, banyak padi petani di Pati yang gagal dan puso akibat terlanda banjir.  Namun dengan kondisi dan cuaca yang mendukung seperti sekarang ini,  diharapkan hingga Agustus mendatang target serapan gabah minimal sudah mencapai 90%.
Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divre Pati, Kholisun mengatakan, serapan gabah beras petani di wilayah karesidenan Pati sudah mencapai 40% dari target. Saat ini sudah tercapai hampir 41ribu ton. Total tersebut berhasil dari serapan gabah petani yang tersebar di Kabupaten  Jepara, Kudus, Pati, Rembang, dan Kabupaten Blora.
“Kami optimis dapat memenuhi target tahun 2017. Karena ini baru MT II dan kami memprediksi 2017 ini akan ada tiga kali panen,” jelasnya.
Menyinggung soal harga, kata Kepala Bulog Subdivre II Pati, Kholisun, berdasarkan Inpres No.5/2015, harga Gabah Kering Panen (GKP) perkilo Rp. 3.700, dan untuk harga setelah menjadi beras Rp.7.300/Kg.
Usai memantau dan panen bersama di Desa Bungasrejo Kecamatan Jaken, rombongan Tim Sergab Mabes Angkatan Darat, berkunjung ke Gudang Bulog Sukokulon, untuk melihat kondisi dan persediaan beras.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla