Temuan Kasus HIV/AIDS di Pati Meningkat

101fm, Pati Kota – Temuan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pati pada 2019 menunjukkan trend meningkat. Kasus HIV/AIDS ini sebagian besar didominasi warga pendatang di tempat-tempat prostitusi. Pemerintah Kabupaten Pati melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) terus menggencarkan upaya meminimalkan dan pencegahan penularan HIV/AIDS. Namun, disisi lain justru temuan kasus HIV/AIDS justru cenderung meningkat.

“Kita koordinasikan dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Pati sekecil mungkin terkait dengan perkembangan HIV/AIDS di Kabupaten Pati tentunya dengan melalui program-program di dinas-dinas terkait sehingga kegiatan utamanya pencegahan ini bisa dilaksanakan di masing-masing dinas,” demikian Sekretaris KPA Kabupaten Pati Hery Supriyono SSos usai rakor tentang program dan kegiatan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di ruang rapat Kembangjoyo Setda Pati, Kamis (11/7/2019).
Hery Supriyono mengatakan, dalam program pencegahan dan penanggulangan ini pemerintah juga melayani perawatan dan pengobatan bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) mulai dari tingkatan Puskesmas hingga rumah sakit. “Saat ini dalam kasus HIV/AIDS Kabupaten Pati berada di urutan empat terbanyak di Jawa Tengah. Ini lebih banyak dari para pendatang yang masuk ke Kabupaten Pati dan indikatornya dari temuan penderita HIV/AIDS. Terutama banyak di temukan di tempat-tempat prostitusi,” tuturnya.
Hingga 2019 ini HIV/AIDS di Kabupaten Pati tutur Sekretaris KPA Pati Hery Supriyono, mencapai 1.463 kasus meninggal dunia 171 orang. Terakhir mulai Januari hingga Mei 2019 temuan HIV/AIDS ada 71 kasus. Ini terdiri dari 41 kasus HIV dan 30 kasus AIDS dan dua meninggal dunia.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla