Ombudman RI Perwakilan Jateng Tindaklanjuti Aduan Penanganan Kasus Penganiayaan di Polres Pati

101fm, Pati Kota – Ombudman RI Perwakilan Jawa Tengah berkunjung ke Polres Pati untuk menindaklanjuti aduan masyarakat terkait penanganan perkara pidana. Pengaduan tersebut terkait dengan tindak pidana penganiayaan yang dinilai lamban. Kedatangan lembaga pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan ke Polres Pati pada Jumat (12/7/2019) itu dipimpin Plt Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu.

Ombudsman bertemu dengan Kanit Reskrim Polres Pati untuk menyampaikan pengaduan penanganan penganiyaaan oleh pelapor dan anaknya yang dinilai lamban.“Jadi sudah aduan pada 2018 ke Polres Pati, karena merasa ada penundaan berlarut tidak ada penyelesaian sehingga dilaporkan pada Ombudsman. Kami kemudian memproses, menindaklanjuti dan memastikan apakah sudah sesuai prosedur atau tidak?. Tadi sudah dijelaskan oleh Kanit Reskrim sudah ada progres penanganan kasus ini, dan sudah mengirim pada Maret 2019 ke Kejaksaan Negeri Pati,” ungkap Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu.
Dengan telah dikirimnya berkas perkara tersebut, kata Sabarudin Hulu, penyidikan perkara tersebut sudah selesai di kepolisian tinggal menunggu petunjuk dari Kejaksaan Negeri Pati sebelum dinyatakan lengkap untuk diajukan ke penuntutan. Dalam perkara penganiayan itu, Ombudsman mengetahui jelas pihak kepolisian membutuhkan pengkajian yang saksama karena banyak saksi maupun pelapor yang perlu diperiksa keterangannya. “Sebenarnya dua alat bukti itu sudah cukup untuk penanganan kasus tindak pidana sudah selesai. Dan pihak penyidik bila mengungkap suatu kasus harus benar-benar sesuai fakta dan keterangan saksi. Saksi ini adalah orang yang menyaksikan, yang mengalami, mendengar sendiri tidak boleh mendengar dari si A atau si B itu tidak menjadi saksi,” jelasnya.
Usai dari Polres Pati, tim Ombudsman RI Perwakilan Jateng mendatangi Kejari Pati, dan diterima langsung Kajari Pati Dedy Koesnomo didampingi jajarannya. Dalam penjelasannya Kejari Pati telah meminta Polres Pati untuk mengirimkan hasil tindak lanjut dari petunjuk yang dikirimkan Polres Pati pada April 2019.
"Menurut kami (Ombudsman), penanganan perkara pidana yang diadukan pelapor di Mapolres Pati telah ada tindaklanjut. Dan, kami akan monitoring proses di Polres Pati atas rencana minggu depan untuk mengirim hasil pemenuhan petunjuk Kejari Pati.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla