Pencuri di TB Restu Jaya Batangan Pati Tertangkap

101fm, Pati Batangan – Kepolisian Sektor (Polsek) Batangan berhasil menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) di Toko Bangunan Restu Jaya di Desa Ketitang Wetan Kecamatan Batangan. Penangkapan terhadap tersangka pencurian dengan pemberatan itu berlangsung saat pelaku hendak menjual barang jarahannya di salah satu toko emas di komplek Pasar Juwana.

Pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) di TB Restu Jaya Batangan itu, tertangkap saat hendak menjual perhiasan hasil jarahannya di toko emas di komplek Pasar Juwana, pada Jumat pagi (26/7/2019). Tersangka berinisial SPT berusia 30 tahun warga Desa Mantingan Kecamatan Jaken.
Menurut Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto diwakili Kasubbag Humas IPTu Suharning, penangkapan itu dilakukan setelah petugas kepolisian mendapatkan informasi ada seorang lelaki yang diduga pelaku menjual perhiasan beserta nota pembeliannya di salah satu toko emas. “Kemudian Unit Reskrim Polsek Batangan "nyanggong" disekitaran toko emas tersebut. Sekitar pukul 09.30 datang seorang lelaki yang wajah dan penampilannya seperti yg ada di rekaman CCTV masuk ke dalam toko emas menawarkan 6 buah gelang emas disertai nota pembeliannya yg merupakan perhiasan emas milik korban, kemudian dilakukan penangkapan,” ujarnya.
Menurut IPTu Suharning, peristiwa pencurian dengan pemberatan (Curat) dilakukan tersangka SPT pada Rabu (24/7/2019) sekitar pukul 08.15, saat toko bangunan tersebut dalam keadaan kosong dan terkunci dari luar ditinggal pemiliknya untuk menghadiri tradisi bersih desa (sedekah bumi). Sekembalinya mengikuti bersih desa, pemilik toko bangunan pasangan suami istri Aflachun Nadif (41 tahun) dan Suwarti (39 tahun) warga Ds. Ketitang Wetan Kecamatan Batangan mendapati kaca jendela rumah yang ada didalam toko bangunan dalam keadaan pecah. Selain itu semua pintu telah terbuka, dengan kondisi kamar acak-acakan, sementara lemari tempat perhiasan emas beserta surat surat perhiasan senilai Rp 50 juta tidak ada pada tempatnya. “Hal yang sama juga terjadi di meja kasir toko tempat menyimpan uang telah terbuka dan semua uang yang tersimpan di meja kasir sejumlah Rp 50 juta juga hilang. Atas kejadian tersebut Korban mengalami total kerugian materiil senilai Rp 100 juta,”
Kasubbag Humas Polres Pati IPTu Suharning mengatakan, saat mencuri tersangka berpura-pura menembak burung sambil mencari sasaran rumah kosong. Untuk mencuri tersangka memecahkan kaca lebih dulu baru masuk rumah sasaran dan mengambil barang berharga.
Pelaku mengaku mencuri di rumahdan toko bangunan korban, pada Rabu (24/7/2019) sekitar pukul 13.30.
Untuk keperluan penyidikan, polisi menyita satu unit sepeda motor milik tersangka, sisa uang hasil penjualan sebagian perhiasan hasil jarahannya, sejumlah perhiasan emas, satu telepon genggam serta linggis. Penyidik Polres Pati juga telah menyiapkan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan untuk menjerat tersangka pelaku pencurian dengan pemberatan berinisial SPT warga Desa Mantingan Kecamatan Jaken.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla