Laporan Masyarakat ke Ombudsman Didominasi Soal Layanan di Tingkat Desa

101fm, Pati Kota – Laporan masyarakat Kabupaten Pati ke Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, lebih banyak didominasi soal layanan di tingkat desa. Sebagian laporan yang masuk dan ditindaklanjuti Ombudsman sebagian sudah selesai.
Ombudman RI Perwakilan Jawa Tengah banyak menerima laporan dari masyarakat Kabupaten Pati terkait pelayanan publik. Sebagian besar laporan tersebut terkait dengan pelayanan di tingkat desa.

Plt Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu mengatakan, meski sudah ada sebagian pelaporan pelayanan yang selesai, pihaknya juga masih memantau laporan masyarakat terkait pelayanan di beberapa desa yang dalam proses penyelesaian. “Tentu ini menjadi perhatian kami dari Ombudsman bahwasannya perangkat desa memberikan pelayanan sebagaimana mestinya. Kemudian instansi yang dilaporkan terkait pelayanan Pemdes Tanjungrejo Kecamatan Margoyoso, dan kami sudah minta klarifikasi laporan tersebut. Dan kami masih memonitor penanganan laporan tersebut. Seterusnya pelayanan di Desa Alasdowo tapi sudah ditindaklanjuti dan sudah ditutup sehingga sudah terselesaikan,” tuturnya.
Sementara itu soal laporan terkait dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati mengenai balik nama sertifikat tanah yang sudah ditindaklanjuti dan dinyatakan selesai.
Plt Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu menambahkan, pihaknya juga menerima dua laporan masyarakat terhadap pelayanan di Polres Pati yang sudah ditindaklanjuti dan klarifikasi ke Kejaksaan Negeri Pati. “Pada intinya laporan kasus ini sudah diproses dan sudah ada petunjuk dari kejaksaan untuk dilengkapi Penyidik Polres Pati, yang oleh penyidik akan segera diserahkan proses atau petunjuk yang dilaksanakan kepada Kejaksaan Negeri Pati. Dan kami masih monitoring penanganan kasus ini. Selain itu juga mendorong pelayanan Polres Pati agar lebih cepat lagi dalam penanganan kasus-kasus pidana sehingga dapat tercegah maladministrasi yang merupakan perbuatan melawan hukum karena tertunda-tunda penanganan kasusnya,” tuturnya.
Plt Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu mengatakan, pada 2017 pihaknya menerima laporan masyarakat Kabupaten Pati sejumlah tiga belas laporan sembilan diantaranya selesai, sembilan laporan masyarakat di 2018 lima diantaranya selesai. Di 2019 hingga Juli ini sedang menindaklanjuti enam laporan terkait pelayanan masyarakat diantaranya ada yangg sudah selesai melalui investigasi, klarifikasi tertulis maupun mempertemukan pelapor dengan instansi terkait.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla