Dispertan Bentuk Tim Pemeriksa Hewan Qurban

101fm, Pati Kota – Menjelang Idul Adha ini, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati membentuk tim untuk memeriksan dan memantau kesehatan hewan. Pemantauan dan pemeriksaan itu terutama bagi hewan ternak untuk keperluan qurban.

Tim tersebut dibentuk mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan-kecamatan. Tim-tim itu akan melibatkan para dokter dan matri hewan yang tersebar di setiap kecamatan.
Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Muhtar Effendi mengatakan, pembentukan tim pemantau kesehatan hewan tersebut dari sisi kesehatan. “Intinya memang memantau dari sisi kesehatan hewan layak atau tidak layak dijadikan qurban ini sebelum penyembelihan,” jelasnya.
Pasca penyembelihan, kata Muhtar Effendi, timnya juga akan melakukan pemeriksaan layak tidaknya daging dan jeroan hewan ternak qurban untuk dikonsumsi. Terutama bagian dalam (jeroan) seperti hati, limpa, dan paru yang sering terkena penyakit. Pemantauan dan pemeriksaan itu untuk memberikan rasa nyaman masyarakat terhadap kelayakan konsumsi daging hewan qurban. “Pemantauan dan pemeriksaan dilakukan terhadqp fisik hewan, kulit harus bersih tidak ada kudisnya, bentuk mata, kelamin dan yang paling penting tidak boleh hewan qurban betina produktif. Itu dilarang kecuali boleh hewan qurban betina kalau ada keterangan hewan betina tersebut sudah tidak produktif,” tuturnya.
Kepala Dispertan Kabupaten Pati Muhtar Effendi mengatakan persediaan stok atau persediaan hewan ternak qurban di Pati mencukupi untuk keperluan di daerah sendiri, bahkan mampu menyuplai untuk DKI Jakarta, Jawa Barat dan sejumlah provinsi lain.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla