Kirab Boyongan Akan Menandai Peringatan Hari Jadi ke 696 Pati

101fm, Pati Kota – Prosesi kirab boyongan dari Pendopo Genuk ke Pendopo Kaborongan, akan menjadi acara pokok pada peringatan Hari Jadi ke 696 Pati, 7 Agustus mendatang. Pada prosesi itu akan melibatkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pati.  Prosesi boyongan dan penyerahan dua pusaka Keris Rambut Pinutung dan Keris Kuluk Kanigoro menjadi acara inti peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati.

“Untuk peringatan hari jadi itu kita memulai dari ketuka terjadinya penggabungan Kadipaten Parang Garuda, Mojosemi dan Carangsoko. Kemudian kadipaten itu diboyong ke barat ketika boyongan inilah menandai hari jadi Pati. Sehingga tang dulunya Kadipaten Pati Pesantenan menjadi Kabupaten Pati,” demikian Kabag Humas Pemkab Pati Ahmadi saat diwawancara PAS Pati, Jumat pagi (2/8/2019).
Ahmadi menjelaskan, Hari Jadi Ke 696 Kabupaten Pati dengan prosesi kirap boyongan sudah berlangsung sejak dua pukuh lima tahun lalu. Kali pertama kirab boyongan dimulai pada 1994. “Untuk pelaksanaan agenda prosesi boyongan menuju Alun-Alun Pendopo Kabupaten Pati tahun ini punya nilai yang strategis dan ada nilai tambahan yang spektakuler karena untuk kirap 7 Agustus itu menggunakan kereta kencana dari Surakarta yang akan dinaiki Bupati Pati. Bahkan nanti juga akan ikut kirap pusaka-pusaka Pati tang tergolong berkelas akan dikeluarkan yang akan dibawa oleh Paguyuban Kanigoro Pati,” terangnya.
Kabag Humas Pemkab Pati Ahmadi mengatakan, selain kirab boyongan peringatan Hari Jadi Pati juga didukung kegiatan yang lainnya, salah satunya “Gugah Keris Pati” Kanigoro 2019 di Gedoeng Joeang.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla