Pameran dan Bursa Tosan Aji ‘Gugah Keris Pati’ Ajang Kenalkan Budaya ke Generasi Muda

101fm, Pati Kota – Untuk menggugah cinta terhadap khasanah budaya leluhur, para pecinta keris di Kabupaten Pati menyelenggarakan pameran dan bursa tosan aji. Pameran dan bursa bertajuk ‘Gugah Keris Aji’ itu diadakan di Gedoeng Joeang Pati, selama dua hari.

Sekitar dua ribu bilah keris dari enam puluh daerah se Indonesia mengikuti pameran dan bursa tosan aji ‘Gugah Keris Pati’ di Gedoeng Joeng Pati, 2 – 4 Agustus 2019. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Jadi ke 696 Pati dan HUT ke 74 RI di Kabupaten Pati.
Menurut Ketua Paguyuban Kanigoro Pati Arifin mengatakan penyelenggaraan pameran dan bursa tosan aji ‘Gugah Keris Pati’ untuk mengenalkan kepada masyarakat terhadap budaya tosan aji nusantara. “Sehingga masyarakat tahu tosan aji itu seperti apa. Jadi, biar pemikiranya terhadap budaya leluhur keris tidak miring-miring. Keris sebenarnya logis jadi keris itu tidak menakutkan, tapi sebuah simbol, tradisi dan falsafah yang diakui UNESCO yang hanya ada di Indonesia,” terangnya.
Pameran dan bursa ‘Gugah Keris Pati’ itu juga sebagai ajang edukasi bagi pelajar di Kabupaten Pati. Nyatanya banyak anak-anak pelajar sari sejumlah sejolah di Pati terlihat di lokasi pameran untuk mengenal tosan aji bernama keris itu. “Memang kalau ada pameran yang edukatif pasti kita beri kesempatan siswa untuk bisa melihat dari dekat. Kemudian anak diberi tugas apa yang telah dilihatnya. Guru pembimbing selanjutnya mengumpulkan tugas tang telah mereka kerjakan. Seperti ini budaya-budaya tang dulu kita beri kesempatan agar anak bisa melihat dan mengenalnya,” kata Maya, Guru SMP Negeri 5 Pati di sela-sela mendampingi siswa-siswinya.
Bupati Haryanto didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin membuka pemeran dan bursa tosan aji “Gugah Keris Pati’ 2019 yang disaksikan Kajari Desy Koesmono, Ketua Pengadilan Negeri Suwarno, serta Wakapolres Kompol Ifan Hariyat, serta Sesepuh Senopati Nusantara KH Nuril Arifin atau Gus Nuril.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla