Cetak
Dilihat: 217

101fm, Pati Kota – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) menyelenggarakan lomba dan expo ternak di lapangan hutan kota turut Desa Kalidoro Kecamatan Pati, Sabtu pagi (3/8/2019).
Penyelenggarakan lomba dan expo ternak tersebut, bukan sekadar seremonial saja tapi lebih dari itu untuk mengapresiasi dan mendorong kiprah para peternak hewan peranakan bibit unggul. Selain itu, untuk mengedukasi dan memberi contoh kepada masyarakat cara budidaya ternak hewan yang baik dan benar.

Saat meninjau peserta lomba dan expo ternak, Bupati Pati Haryanto didampingi Wabup Saiful Arifin dan Kepala Dispertanak Muhtar Effendi berharap melalui kegiatan itu dapat memotivasi para peternak terutama hewan-hewan ternak peranakan, seperti sapi peranakan ongol dan kambing peranakan etawa kaligesing. “Ini nanti tidak hanya sekedar hobi tapi mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Di Kabupaten Pati ini tidak hanya populasinya peternak sapi dan kambing tapi ternak ayam justru lebih banyak dan mempunyai nilai ekonomis yang luar biasa. Info dari Pak Wakil kita ada sudah populasinya 25 juta ekor per tahun,” tuturnya.
Bupati Haryanto mengatakan, dengan populasi ternak hewan yang meningkat akan membantu ekonomi di Pati bila dikelola dengan baik. “Bila populasinya itu bisa bertahan kemudian nilai ekonomisnya dapat, kemudian bisa mengurangi angka kemiskinan di Pati. Karena masing-masing memiliki peternakan. Kalau hanya mengandalkan sebagai PNS itu tidak menjanjikan, peternak pun menjanjikan. Jadi kita jangan memburu hanya menjadi PNS saja tapi wirausaha itu juga menjanjikan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” terangnya.
Pada kesempatan itu, Bupati Haryanto beserta pejabat Forkompinda Kabupaten Pati menyaksikan peragaan inseminasi buatan dan pemberian vitammin pada hewan. Lomba dan expo ternak 2019 tersebut diikuti 63 ekor sapi dan 62 ekor kambing hasil budidaya peternak di Kabupaten Pati. Selain piala dan piagam penghargaan, pemenang dalam lomba dan expo tersebut juga menerima uang pembinaan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s