Karnaval Sedekah Bumi Wujudkan Keguyuban Masyarakat Desa Srikaton

101fm, Pati Jaken – Masyarakat Desa Srikaton Kecamatan Jaken antusias berjalan di pinggir jalan menyaksikan karnaval sedekah bumi dengan kirab keliling desa. Peserta yang mengikutsertakan seluruh RR/RW dilepas dan berakhir di lapangan desa setempat, Minggu siang (4/8/2019).

Sedekah bumi dengan menampilkan kirab (Karnaval) budaya itu diawali dengan Kades Srikaton Kecamatan Jaken Hj Endah Dwi Winarni yang menaiki kereta kencana yang didatangkan langsung dari Solo. Warga pun berantusias menyaksikan karnaval di sepanjang rute yang dilalui. Itu sebagai perwujudan adanya pemimpin yang dituakan di desa yang tegas dalam melindungi segenap warganya.
Kades Srikaton Endah Dwi Winarni mengatakan karnaval sedekah bumi merupakan tradisi yang mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat yang sejak dari siang berkumpul di lapangan desa setempat. “Ini adalah tradisi di desa kita, sehingga kita laksanakan dan ini mewujudkah warga masyarakat tetap kompak tudai seperti yang diberitakan di kedia sosial,” katanya.
Kades Srikaton Hj Endah Dwi Winarni mengatakan karnaval ini juga melibatkan berbagai profesi, kreatifitas serta tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga desa  serta para perangkat desa. Usai karnaval, Pemdes Srikaton juga akan menyelenggarakan rangkaian sedekah bumi. Seperti pemberian santunan kepada yatim piatu d dan pengajian manaqib sholawatan. “Kegiatan seperti ini hapapannya tetap berlanjut, karena ini cerminan dari masyarakat yang rukun dan saling bertandengan,” katanya.
Ada delapan peserta kirab (karnaval) sedekah bumi Desa Srikaton, yang rerata menampilkan kesenian dan kreativitas hidup sehat dengan berolah raga.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla