Pemdes Sumberejo Jaken Respon Wacana Wabup Kembangkan Pasar Hewan Desa

101fm, Pati Jaken – Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mewacanakan rencana pengembangan Pasar Hewan Desa Sumberejo Kecamatan Jaken. Dengan pengembangan itu selain memberikan kenyamanan para penjual dan pedagang hewan ternak, di sisi lain akan meningkatkan pendapatan asli desa setempat.
Pemerintah Kabupaten Pati mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberejo Kecamatan Jaken mengembangkan pasar hewan yang dimilikinya. Sehingga perputaran ekonomi di pasar hewan itu meningkat.

“Saya tadi berbicara dengan Kades setempat, untuk bagaimana meningkatkan pasar ini lebih masksimal. Kenapa? Ini tempatnya putaran uang (putaran ekonomi) yang bisa meningkat lagi. Tentunya ini butuh suport dari pemerintah juga. Hanya saja ini miliknya desa kita akan bicara dengan Dinas Koperasi dan UMKM untuk coba kita kembangkan,” demikian Wakil Bupati Pati Saiful Arifin di sela-sela pemantauan kesehatan dan harga hewan ternak di Desa Sumberejo Kecamatan Jaken, Selasa (6/8/2019).
Pengembangan pasar hewan seperti di Desa Sumberejo Kecamatan Jaken, kata Saiful Arifin sangat penting. Karena akan memberikan kesempatan dan kenayaman para peternak dengan adanya tempat atau lapak untuk menjual hewan-hewan yang diternakan. Ini tentu akan berdampak positif terhadap kegairahan masyarakat untuk beternak hewan.
Kades Sumberejo Kecamatan Jaken Susanto mengatakan, selama ini Pemdes mengelola pasar umum dan pasar hewan. Untuk pengembangannya nanti akan menggunakan lahan seluas 1,1 hekter di sebelah utara pasar hewan yang selama ini dipakai. Dan lokasi yang ditempati sekang akan dialihfungsikan sebagai tempat parkir. “Dari kedua pasar yang dikelola, Pemdes Sumberejo Kecamatan Jaken menerima pemasukan kotor sejumlah empat belas juta rupiah per bulan. Khusus pemasukan dari pasar hewan paling tinggi mencapai sepuluh juta rupiah,” ujar Kades Sumberejo Kecamatan Jaken.
Menurut Kades Sumberejo Kecamatan Jaken Susanto, bila pengembangan terwujud akan mampu menarik pedagang-pedagang ternak dari berbagai daerah untuk bertransaksi di Pasar Hewan Desa Sumberejo Kecamatan Jaken. Bukan hanya pedagang ternak dari Kabupaten Rembang, dan beberapa pedagang hewan lokal.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla