Peringati HJP ke 696, Wujudkan Pati yang 'Mukti'

101fm, Pati Kota – Peringatan Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati dengan puncak Kirab Boyongan dari Genuk Kemiri ke Pendopo Kabupaten Pati, mendapat sambutan antusias dar masyarakat. Dengan thema ‘Nyawiji Mbangun Pati Kang Mukti’, peringatan Hari Jadi Pati menyampaikan pesan kepada masyarakatnya untuk menjaga kerukunan yang nyata.
Arak-arakan kirab budaya boyongan peringatan Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati tahun ini, berlangsung spektakuler. Ada delapan kereta kencana yang sengaja didatangkan dari Surakarta. Prosesi boyongan diawali dengan pengambilan duplikat pusaka ‘Kuluk Kanigoro’ dan ‘Keris Rambut Pinutung’ di Pendopo Genuk Kemiri. Setelah dikirab bersama Bupati Pati Haryanto bersama istri Musus Haryanto menaiki kereta kencana utama, diiringi dibelakangnya kereta-kereta kencana para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), kedua pusaka tersebut diserahkan kepada Sekda Suharyono untuk disimpan di Gedung Penyimpanan Pusaka.

“Saya yang pertama mengucapkan syukur Alhamdulillah bersama Pak wakil dan segenap tamu undangan dan masyarakat, karena yang sudah kita persiapkan mulai beberapa bulan dan proses boyongan ini dari Kemiri sampai Pendopo berjalan dengan lancar aman tidak ada halangan suatu apapun. Dan ini adalah bentuk kesungguhan panitia maupun seluruh penyelenggara,” demikian Bupati Haryanto didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin usai mengikuti prosesi boyongan, Rabu sore (7/8/2019).
Bupati Haryanto mengatakan, penyelenggaraan peringatan HJP di tahun 2019 dengan berbagai kegiatan dan mendatangkan kereta kencana dari Surakarta untuk mempromosikan Kabupaten Pati yang hanya dapat disaksikan masyarakat lima tahun sekali. Dan sesuai thema ‘Nyawiji Mbangun Pati Kang Mukti’, Bupati mengajak masyarakat untuk guyub rukun membangun Pati bersama-sama. “Jangan mencari negatifnya tetapi kita ambil hikmahnya. Kekurangan seorang pemimpin pasti ada. Tetapi Saya berusaha untuk membenahi kekurangan itu dan saya tidak malu mana kala memang saya ini ada kekurangan dan sampaikan dalam rangka intropeksi untuk membangun Kabupaten Pati yang kita cintai ini,” katanya.
Antusias sambutan masyarakat terlihat jelas ribuan masyarakat berjejer di pinggir-pinggir jalan saat berlangsung prosesi kirab boyongan mulai dari Pendopo Genuk Kemiri di Desa Sarirejo menuju ke Pendopo Kabupaten Pati sejauh sekitar dua kilometer.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla