KWT di Desa Jimbaran Kayen Luncurkan Hand Sanitizer Alami

101fm, Pati Kota – Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Kayen mampu memproduksi hand sanitizer alami. Dalam pembuatannya, hanya membutuhkan bahan-bahan baku mudah didapatkan di lingkungan sekitar.
Tanaman yang tumbuh di sekitar kita, merupakan bahan-bahan baku yang memiliki nilai ekonomis, bila dikelola dengan baik dan serius. Seperti halnya lidah buaya (aloe vera), dan jeruk nipis merupakan bahan baku untuk hand sanitizer. Inilah yang mulai dikembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Rejeki Alami Desa Jimbaran Kecamatan Kayen.

Menurut Ketua KWT Rejeki Alami Anif Rahmawati, untuk membuat hand sanitizer itu mudah. Hanya membutuhkan lidah buaya, alkohol 70 persen, dan kulit jeruk nipis yang diblender untuk menghaluskan. Tingkat keawetan hand sanitizer alami KWT ini mampu bertahan hingga tiga bulan lamanya. “Awalnya ini dari Mahasiswa Undip yang melakukan KKN di Desa Jimbaran untuk transfer informasi kepada kelompok wanita tani, kemasan enam puluh mili liter dipatok lima belas ribu rupiah. Ada aroma permen karet, lemon, bunga aroma sabun dan deterjen. Karena ini mudah dibuat tidak ribet dan tidak berbahaya bagi anak-anak, serta bahan bakunya mudah didapat di lingkungan sekitar,” ujarnya.
Ketua KWT Rejeki Alami Desa Jimbaran Kayen Anif Rahmawati mengatakan, hand sanitizer yang aman untuk anak-anak dengan berbagai aroma dengan kemasan ukuran enam puluh mili liter ini memang belum dijualbelikan di pasaran.
Mahasiswa Undip Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Matematik Indah Permata Santika mengatakan, dari bahan baku yang digunakan itu kandungan kimianya mampu membunuh kuman. “Makanya kenapa tiga bahan itu bisa dijadikan hand sanitizer. Dan pembuatannya mudah, makanya kami dari KKN Undip menyerahkan ini ke KWT untuk memproduksi lebih lanjut,” terangnya.
Meski belum sempat dijualbelikan, saat mengikuti Festival Pangan Lokal di halaman Stadion Joyokusumo Pati, hand sanitizer alami yang dikembangkan KWT Rejeki Alami Desa Jimbaran Kecamatan Kayen, banyak dibeli masyarakat.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla