Cetak
Dilihat: 135

101fm, Pati Kota – Mahkamah Konstitusi RI menolak dua gugatan caleg DPR RI dan caleg DPRD, KPU Kabupaten Pati segera tahapan penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih. KPU akan menetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih dalam rapat pleno, Sabtu (10/8/2019).

Pasca putusan Mahkaman Konstitusi (MK) RI yang menolak gugatan untuk perkara DPR RI dari Partai Demokrat dan perkara DPRD Kabupaten Pati dari Partai Perindo, KPU Pati segera menetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih Pemilu Serentak 2019.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Hukum Supriyanto mengatakan, dalam putusannya yang dibacakan Rabu (7/8/2019) lalu, MK menyatakan kedua permohonan gugatan itu tidak dapat diterima atau ditolak. “Maka setelah putusan permohonan tidak dapat terima itu, dengan kata lain KPU dapat melanjutkan tahapan berikutnya yakni penetapan perolehan kursi dan calon terpilih untuk hasil pemilu legislatif 2019 yang rencananya akan kita laksanakan segera di dalam Peraturan KPU Nomor 19 perubahan kelima tentang PKPU Nomor 7 tahun 2017 yakni tahapan program dan jadual waktu kita memiliki tengat waktu lima hari setelah KPU RI selaku termohon itu mendapatkan salinan putusan MK RI,” terangnya.
Setelah putusan dibacakan dan KPU RI menerima salinan putusan, kata Supriyanto, sehingga terhitung sejak tanggal 7 Agustus hingga lima hari kedepan atau tanggal 11 Agustus 2019 batasan akhir bagi KPU Kabupaten Pati untuk menetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih. “Rencananya kami sudah melakukan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih pada Sabtu (10/8/2019),” jelasnya. (pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s